Swallow Voltrax, Ban Khusus Motor Listrik dengan Ragam Keunggulan

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 08 Agustus 2023
Swallow Voltrax, Ban Khusus Motor Listrik dengan Ragam Keunggulan
Banyak masyarakat yang telah menggunakan motor listrik. (Foto: Unsplash/Kumpan Electric)

PT Industri Karet Deli (IKD) perusahaan yang bergerak dalam industri karet dan produser berbagai lini karet, resmi meluncurkan sebuah produk ban khusus motor listrik, Swallow Voltrax. Apa saja keunggulannya?

Perkembangan motor listrik di Indonesia telah menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir. Kenaikan tingkat adopsi motor listrik didorong oleh beberapa faktor, di antaranya kesadaran masyarakat terhadap isu-isu lingkungan dan kepedulian terhadap polusi udara, mendorong minat untuk mencari alternatif kendaraan ramah lingkungan, termasuk motor listrik yang memiliki emisi nol.

Faktor lain yang mendorong pertumbuhan adalah regulasi serta kebijakan pemerintah yang menunjukkan dukungan terhadap kepemilikan kendaraan ramah lingkungan, termasuk motor listrik, melalui berbagai kebijakan dan insentif. Pemerintah telah memberikan insentif fiskal seperti pembebasan atau pengurangan pajak untuk kendaraan listrik.

IKD menyadari bahwa meskipun prinsip dasar fungsi ban pada motor listrik sama dengan motor konvensional, namun terdapat beberapa tantangan khusus yang dihadapi motor listrik sehingga harus memiliki rancangan khusus.

Baca juga:

Bikin Murah Mobil dan Motor Listrik

Swallow Voltrax, Ban Khusus Motor Listrik dengan Ragam Keunggulan
Produk Terbaru Ban khusus Motor Listrik seri SC-115. (Foto: Swallow)


Beberapa alasan tersebut antara lain adalah torsi yang lebih tinggi dan instan pada motor listrik dibandingkan motor dengan pembakaran internal, sehingga ban harus mampu mengatasi torsi besar dengan cengkraman yang lebih kuat pada pemukaan jalan. Alasan lain adalah motor listrik memiliki berat baterai yang secara signifikan memengaruhi distribusi berat kendaraaan.

Ban motor listrik juga dirancang dapat membantu mengurangi hambatan gulir dan meningkatkan jarak tempuh kendaraan dengan meminimalkan kehilangan energi akibat gesekan ban.

"Ban khusus motor listrik terobosan terbaru Swallow Voltrax ini diharapkan dapat memberikan solusi kebutuhan akan ban yang memiliki performance, grip dan durability yang lebih baik," kata Sales Domestik PT. IKD Gunawan, dalam siaran resminya.

Baca juga:

Honda akan Kembangkan Motor Listrik Balap

Swallow Voltrax, Ban Khusus Motor Listrik dengan Ragam Keunggulan
Produk Terbaru Ban khusus Motor Listrik seri SC-116. (Foto: Swallow)


Keunggulan ban yang dimiliki oleh Swallow Voltrax antara lain adalah:

1. Kompon Swallow Voltrax yang dirancang khusus dengan rolling resistance rendah untuk menghemat penggunaan energi per kilometer. Kompon dipastikan memiliki daya tahan kikis yang lebih baik dan mengakomodir torsi tinggi motor elektrik.

2. Konstruksi Swallow Voltrax menggunakan polyester ply memberikan stabilitas dan kemampuan manuver ban yang lebih optimal, memungkinkan traksi lebih baik, membantu dalam menghasilkan energi regeneratif yang lebih efisien.

3. Pattern Swallow Voltrax yang dirancang dengan sudut alur pattern memampukan ban untuk mengoptimalkan jalur pembuangan air. Kontak area ban yang lebih besar akan meningkat kemampuan cengkraman yang telah mengalami uji coba dan validasi yang ketat di berbagai kondisi lingkungan dan situasi jalan untuk memastikan kinerja Swallow Voltrax yang konsisten dan andal.

Swallow Voltrax bisa didapatkan melalui distributor IKD terdekat atau di market place dengan kisaran harga Rp 179 ribu hingga Rp 344 ribu. (and)

Baca juga:

Honda Kurang Kompetitif di MotoGP Musim 2022, Apa Penyebabnya?

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan