Suzuki Bakal Hengkang dari MotoGP

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 04 Mei 2022
Suzuki Bakal Hengkang dari MotoGP
Suzuki dikabarkan akan hengkang dari MotoGP. (Foto: MotoGP)

SETELAH tujuh tahun Suzuki kembali ke MotoGP sejak 2015, akhirnya kini pabrikan Jepang tersebut dikabarkan akan hengkang usai musim 2022. Kabar ini cukup mengejutkan mengingat Suzuki masih terikat kontrak dengan MotoGP hingga 2026.

Mengutip laman Motorsport, kepala tim Suzuki Livio Suppo mengumpulkan semua anggota tim, Senin (2/5), dan mengomunikasikan keputusan Suzuki untuk berhenti mulai seri terakhir musim 2022. Keputusan tersebut tentu mengejutkan seluruh anggota tim.

Padahal baru pada 22 April 2022 Suppo membeberkan fokus tim Suzuki untuk musim 2022 dan niatnya untuk memperpanjang kontrak dengan rider Joan Mir dan Alex Rins. Bahkan Suzuki berniat mempertahankan Mir dengan segala cara kala sang juara dunia ramai diisukan akan pindah ke tim Repsol Honda.

Baca juga:

Melihat Lebih Dekat Performa Suzuki GSX-RR 2022 yang Turun di MotoGP

Joan Mir (kiri) dan Alex Rins (kanan). (Foto: MotoGP)

Setelah pengumuman tersebut, rumor tentang masa depan dua rider Suzuki langsung mencuat. Begitu banyak spekulasi mengenai langkah berikutnya dari kedua pembalap tersebut. Belakangan, Mir memang santer diisukan akan pindah ke Repsol Honda bersama Marc Marquez untuk menggantikan Pol Espargaro.

Namun, masa depan Rins yang masih belum jelas. Sebab pembalap berkebangsaan Spanyol itu belum mampu menampilkan performa konsisten sepanjang karirnya. Musim 2021 juga menjadi tahun yang cukup sulit bagi Suzuki, mereka masih mencoba menavigasi jalannya sejak ditinggalkan Davide Brivio ke Alpine di Formula 1.

Belum diketahui jelas alasan Suzuki menghentikan langkahnya di MotoGP. Namun yang bisa dipastikan itu bukan karena alasan performa dan penampilan. Sebab sejak tim pabrikan Jepang tersebut dibela Rins dan Mir, Suzuki mampu menampilkan performa yang menjanjikan, bahkan masuk ke jajaran tim papan atas meski belum cukup konsisten.

Baca juga:

Alex Rins dan Joan Mir Berikan Poin Terbaik untuk Suzuki di Seri Mandalika

Joan Mir kala merengkuh gelar juara dunia 2020 bersama Suzuki. (Foto: MotoGP)

Mir pada 2020 bahkan mampu memenangi gelar juara dunia MotoGP pertamanya dan gelar juara dunia bagi Suzuki untuk pertama kalinya dalam 20 tahun. Kali terakhir Suzuki meraih gelar juara dunia MotoGP sebelum bersama Joan Mir, adalah saat mereka diperkuat Kenny Roberts Jr. pada 2000.

Suzuki dikenal cukup menjadi andalan kala era 500cc yang mampu memenangi gelar juara dunia untuk Barry Sheene, Marco Lucchinelli, Franco Uncini, Kevin Schwantz, dan Kenny Roberts. Kemudian Suzuki sempat menghentikan langkahnya di MotoGP pada 2011 karena kesulitan ekonomi.

Suzuki kemudian melanjutkan proyek MotoGP dan kembali secara penuh pada 2015 dengan Aleix Espargaro dan Maverick Vinales yang baru promosi ke kelas MotoGP sebagai pembalapnya. Sementara Davide Brivio ditunjuk sebagai kepala tim dan mampu Suzuki ke kemenangan pada 2016 di Silverstone bersama Maverick Vinales. (waf)

Baca juga:

Tim Suzuki Ecstar akan Berlaga di MotoGP

#Breaking #Otomotif #Olahraga #MotoGP #Suzuki
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan