Survei SMRC: Mayoritas Masyarakat Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi

Eddy FloEddy Flo - Senin, 25 Juli 2016
Survei SMRC: Mayoritas Masyarakat Puas dengan Kinerja Presiden Jokowi
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo saat menghadiri Haul Taufiq Kiemas di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/6). (Foto: John Abimanyu)

MerahPutih Nasional - Kepemimpinan Presiden Jokowi mendapat respon positif dari masyarakat. Hal ini terekam melalui survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menyatakan mayoritas masyarakan makin puas dengan kinerja Presiden Jokowi menjelang dua tahun berjalannya pemerintahan Jokowi-JK.

Dalam survei SMRC yang dirilis Minggu (24/7) di Jakarta, sebanyak 67 persen masyarakat menyatakan puas dengan kinerja Presiden Jokowi. Sekitar 30 persen mengaku tidak puas. Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi terus meningkat sejak bulan Juni tahun 2015 lalu, sebab saat itu masyarakat yang puas hanya sekitar 41 persen.

"Tingkat kepuasan masyarakat terus meningkat, terus menanjak. Dari 41 persen ke 67 persen. Masyarakat memperesepsi kinerja Jokowi dengan kabinetnya sangat memuaskan," papar Direktur SMRC Sirojudin Abbas.

Berdasarkan jawaban responen yang disurvei SMRC, masyarakat umumnya puas dengan kinerja Jokowi dalam membangun infrastruktur, menciptakan layanan kesehatan dan pendidikan yang terjangkau, serta menciptakan rasa keamanan.

Tapi tak bisa dipungkiri, bahwa muncul fakta bahwa ada masyarakat yang kurang puas dengan kinerja Jokowi terutama dalam hal meningkatkan kesejahteraan warga, memenuhi harga kebutuhan pokok yang terjangkau, hingga menyediakan lapangan kerja.

Masih menurut Survei SMRC, kepuasan masyarakat terhadap Jokowi ini berbanding lurus dengan tingkat elektabilitas. Jika pilpres digelar saat ini, maka responden yang memilih Jokowi 32,4 persen. Pesaing terberat Jokowi, Prabowo Subianto, hanya dipilih oleh 9,4 responden.

Sebagaimana diketahui Survei SMRC ini berlangsung pada 22-28 Juni 2016. Jumlah responden adalah 1.220 dipilih dengan metode random. Margin adalah 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

BACA JUGA:

  1. Tujuh Kritik SBY dan Partai Demokrat untuk Pemerintahan Jokowi-JK
  2. Pertama Kali di Pemerintahan Jokowi, Neraca Perdagangan Defisit
  3. Catatan Kritis Almisbat Atas Satu Tahun Pemerintahan Jokowi
  4. 2 Tahun Tidak Ada Perubahan, Nano Riantiarno akan Kritik Pemerintahan Jokowi
  5. Setahun Pemerintahan Jokowi: Produksi Ikan Meningkat
#Pemerintahan Jokowi-JK #Presiden Jokowi #Survei SMRC
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan