Sutradara 'Avengers': AI Bisa Buat Film dalam Dua Tahun Mendatang

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Kamis, 27 April 2023
Sutradara 'Avengers': AI Bisa Buat Film dalam Dua Tahun Mendatang
Dalam waktu dekat, orang bisa membuat film sesuka hati di rumah masing-masing. (Foto: therussobrothers)

KECERDASAN buatan (artificial intelligence/AI)terus mendisrupsi aneka industri. Tak terkecuali industri hiburan.

Banyak penonton bioskop bertanya-tanya pada titik mana AI akan mampu untuk membuat sebuah film secara keseluruhan. Menurut Joe Russo, sutradara blockbuster dari Marvel Studios yang menghasilkan Avengers: Endgame, hal itu mungkin bisa terjadi dalam dua tahun mendatang.

Berbicara di sebuah panel di Sands International Film Festival di St. Andrews, Skotlandia, Russo bergabung dengan CCO Epic Games Donald Mustard.

Uniknya, Mustad justru memprediksi bahwa film yang dihasilkan oleh AI bisa tiba lebih cepat dari jangka waktu dua tahun yang disebutkan Russo sebelumnya.

Namun, Russo meyakini AI tak akan secepat itu memproduksi film. "Berpotensi, apa yang dapat Anda lakukan dengan (AI-Red.) jelas menggunakannya untuk merekayasa dan mengubah penceritaan," kata Russo pada panel yang dimoderatori oleh Steve Weintraub itu.

Baca juga:

Artificial Intelligence Dapat Deteksi Tanda Awal Kanker Paru-Paru

View this post on Instagram

A post shared by Sands IFF (@sandsiff)

Menurutnya, dalam waktu yang tidak akan lama lagi, orang bisa membuat film sesuka hati di rumah masing-masing.

“Jadi, Anda memiliki cerita yang terus berkembang, baik dalam game, film, atau acara TV. Anda bisa masuk ke rumah Anda dan menyimpan AI di platform streaming Anda," terang Russo.

Russo meyakini, keinginan orang membuat avatar dari foto aslinya akan berkembang menjadi gambar bergerak.

Russo juga percaya, mereka bahkan bisa membuat sendiri film komedi romantis saat mengalami hari yang berat.

"Dan AI membuat cerita yang sangat kompeten dengan dialog yang meniru suara Anda. Itu meniru suara Anda, dan tiba-tiba sekarang Anda memiliki komedi romantis yang dibintangi Anda selama 90 menit. Jadi, Anda dapat menyusun cerita Anda secara khusus untuk Anda,” tuturnya.

Bukan tanpa alasan dan kompetensi, Russo memprediksikan hal ini sebab ia juga menjadi anggota dewan di beberapa perusahaan AI.

“Saya menjadi dewan di beberapa perusahaan AI,” kata Russo kepada Collider.

Baca juga:

Pentingnya Penyesuaian terhadap Inovasi Artificial Intelligence

Russo berbicara berdasarkan pengalamannya berada di dewan perusahaan tersebut. Dia mengisahkan, ada perusahaan AI yang mengembangkan AI untuk melindungi orang dari AI.

"Dan sayangnya, kita berada di dunia itu, dan Anda akan membutuhkan AI dalam hidup Anda karena apakah kita ingin melihatnya berkembang atau tidak, orang yang tidak bersahabat dengan kita mungkin akan mengembangkannya," ungkap Russo.

Russo berkata, orang-orang telah berada pada masa perkembangan teknologi luar biasa. "Pertanyaannya adalah, bagaimana kita melindungi diri kita sendiri di masa depan itu?” papar Russo.

Russo juga membahas ketakutan yang dimiliki banyak orang setiap kali seseorang membicarakan topik ketika teknologi mengambil alih semacam ini.

"Apa yang saya katakan adalah bahwa semuanya akan berevolusi, dan Anda akan berevolusi dengannya atau Anda akan tertinggal," Russo memperingatkan.

"Begitulah cara kerjanya sepanjang sejarah, dan kita berada di titik kritis evolusi," sambungnya.

Di luar mengisi acara, Russo kini disibukkan oleh proyek terbarunya, yaitu serial mata-mata di Prime Video berjudul Citadel.

Serial ini dibintangi oleh Richard Madden dan Priyanka Chopra Jonas dan akan diluncurkan 28 April di platform streaming tersebut. (dsh)

Baca juga:

Teknologi Artificial Intelligence Bikin Olahraga di Rumah Jadi Lebih Efektif

#Artificial Intelligence #The Avengers
Bagikan
Bagikan