Sutopo Pekerja Keras dan Tak Pernah Mengeluh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo dalam acara diskusi di Graha BNPB, Jakarta, Senin (6/5) (ANTARA/Dewanto Samodro)

Merahputih.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo menegaskan bahwa Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho sebagai pekerja keras yang tidak pernah mengeluh.

"Dia merupakan sosok pekerja keras dan tidak pernah mengeluh," ujar Doni di Perumahan Raffles Hill, Depok, Minggu (7/7).

BACA JUGA: Jokowi Begitu Terkenang Ucapan Sutopo

Sutopo juga dinilai punya dedikasi sangat tinggi pada pekerjaan dan mau terus belajar untuk memperbaiki diri. Sutopo juga biasa mengumpulkan kepingan-kepingan informasi dari seluruh bagian BNPB dan merangkumnya menjadi satu risalah.

"Setelah itu Beliau juga ikut memberikan analisis tentang apa-apa yang perlu dilakukan, baik pemerintah daerah maupun pusat untuk perbaikan selanjutnya," ungkap Doni.

Makam yang disiapkan untuk menguburkan Sutopo di TPU Sonolayu, Jawa Tengah (MP/Ismail)

Doni mengaku, mengenal Sutopo sejak awal BNPB terbentuk dan sering berkomunikasi dengannya berkenaan dengan penanganan bencana periode 2008-2010 dan 2012-2014.

Sutopo meninggal dunia pada Minggu (7/7) dini hari, saat menjalani pengobatan penyakit kanker paru-paru di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital di Guangzhou, China. Dia meninggalkan seorang istri dan dua anak.

BACA JUGA: Cerita Parno, Penggali Tempat Peristirahatan Terakhir Sutopo Purwo Nugroho

Jenazah Sutopo, sebagaimana dikutip Antara, akan diterbangkan dari China ke Jakarta pada Minggu sore dan selanjutnya akan dibawa ke tempat kelahirannya di Boyolali, Jawa Tengah, untuk dimakamkan. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH