Susur Sungai Berujung Maut, Pencarian Siswa SMP Turi Sleman Berlanjut hingga Dini Hari Tim SAR dan relawan melakukan evakuasi siswa yang hanyut diterjang banjir bandang di Yogyakarta. (Foto: MP/ BPBD DIY)

MerahPutih.com - Pencarian siswa SMPN 1 Turi Kabupaten Sleman yang terseret banjir bandang masih terus dilakukan. Tim SAR, tim BPBD DIY, serta relawan masih terus berusaha menyisir sungai hingga dini hari.

Info sementara, dari 249 siswa yang ikut, 239 siswa selamat, 6 siswa meninggal dunia, dan 4 orang lainnya masih dinyatakan hilang. BPBD beserta bekerja sama dengan tim SAR pihak kepolisian serta relawan hingga kini masih mencari siswa yang hilang.

Baca Juga:

Begini Kata Ketua DPRD Soal Ahok Lebih Sukses Ketimbang Anies Atasi Banjir

Kepala Pusdalops BPBD DIY Danang Syamsu Rizal menjelaskan, pencarian terus berlanjut karena tim mendapat banyak dukungan dan bantuan dari warga sekitar.

"Kami tidak hentikan pencarian. Kami berharap masih dapat menemukan korban hilang. Semua orang berharap mereka masih bertahan hidup," jelas Danang di Yogyakarta Jumat, Jumat (21/02).

Tim SAR dan relawan melakukan evakuasi siswa yang hanyut diterjang banjir bandang di Yogyakarta. (Foto: MP/Istimewa)
Tim SAR, relawan, dibantu warga melakukan evakuasi siswa yang hanyut diterjang banjir bandang di Yogyakarta. (Foto: MP/Istimewa)

Kepala Basarnas DIY Wahyu Waluyo menjelaskan, tim memfokuskan lokasi pencarian pada tujuh titik.
Ketujuh lokasi berada di Dam Matras, Dam Bubrah, Dam Lengkong, Dam Polowidi, Dam Watu Gajah, Dam Gawar, dan Tempuran Bedog.

Baca Juga:

Waduh, Calon Ibu Kota Baru Alami Banjir Bandang

"Operasi malam ini difokuskan pada pemantauan. Tidak direkomendasikan penyisiran atau penyelaman dengan pertimbangan keamanan dan keselamatan," kata dia.

Proses evakuasi ini turut mengahadapi kendala gelapnya lokasi di sekitar sungai akibat minimnya penerangan. Untuk mengatasi hal ini, tim sudah menyiapkan lampu senter.

Tim masih memerlukan beberapa tambahan lampu penerangan untuk penerangan di area DAM Sungai Sempor. (*)

Berita ini merupakan kiriman Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita terkait Susur Sungai Berujung Maut, Enam Siswa SMP di Sleman Meninggal Diterjang Banjir Bandang


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH