Susunan Kabinet Kerja Jilid II Beredar, Kominfo: Itu Tidak Benar Jokowi dan Kabinet Kerja. (Antaranews)

Merahputih.com - Publik kembali digegerkan dengan munculnya susunan Kabinet Kerja Jilid 2 periode 2019-2024 pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

File berbentuk pdf itu tersebar lewat pesan berantai di kalangan media, Selasa (16/7) malam. "Risalah rapat pengangkatan menteri pembantu presiden dalam kabinet kerja jilid II periode 2019-2024," begitu pembuka file tersebut.

Baca Juga: Pengamat Nilai Jokowi Akan Pertahankan Menteri Profesional di Kabinet Kerja

Dalam risalah yang bertuliskan Koalisi Indonesia Maju itu tercantum rapat tersebut berlangsung di Sentul City International Convention Center, Bogor, Minggu (14/7/2019).

Presiden Joko Widodo. (Antaranews)
Presiden Joko Widodo. (Antaranews)

Di dalam file itu, ada nama Luhut Binsar Panjaitan yang masih menduduki jabatan Menko Kemaritiman, Sri Mulyani menjabat Menteri Keuangan, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam masih diduduki Ignasius Jonan.

Nama Retno Lestari Priansari Marsudi masih bertahan sebagai Menteri Luar Negeri, Basoeki Hadimoeljono sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kemudian nama Pramono Anung yang sebelumnya menjabat Seskab diproyeksikan menjadi Menteri Sekretaris Negara. Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang sebelumnya menjabat Menteri Perindustrian digeser ke Menko Perekonomian. Ada pula nama Moeldoko yang menjabat Menko Polhukam.

Selain 'wajah lama' ada juga wajah baru di Kabinet Kerja yang beredar, mereka adalah Ketua TKN Erick Thohir menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dijabat Yusril Ihza Mahendra serta Menteri Sosial diisi oleh putri mantan presiden Aburrahman Wahid, Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid).

Baca Juga: Yusril Siap Bantu Jokowi di Kabinet Kerja Jilid Dua

Yang bikin kaget adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPPA) diisi oleh Ketum PSI, Grace Natalie serta Menkominfo diisi putri Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Angela Tanoesoedibjo.

Di jajaran lembaga negara setingkat kementerian, pengusaha Wishnutama Kusubandio diproyeksi menjadi Kepala Badan Ekonomi Kreatif, sementara mantan Ketua MK, Mahfud MD, menjabat Jaksa Agung RI, menggantikan HM Prasetyo.

Kemenkominfo sendiri dalam keterangan persnya memastikan, informasi itu hoax.

"Faktanya berdasarkan hasil penelusuran, menurut Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Kemenangan Nasional (TKN), Usman Kansong menyatakan bahwa susunan Kabinet Indonesia Kerja Jilid II yang beredar melalui media sosial adalah tidak benar," tulis akun Kemenkominfo. (Knu)

Baca Juga: Menakar Kabinet Kerja Jilid II ala Jokowi


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH