Susi Susanti dan Alan Beri Kebebasan Anak Pilih Profesi

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 22 Januari 2016
Susi Susanti dan Alan Beri Kebebasan Anak Pilih Profesi
Susi Susanti dan Alan Budikusuma (Foto: MerahPutih/Rizki Fitianto)

MerahPutih Raket - Keluarga mantan atlet bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti dan Alan Budikusuma, menegaskan selalu menjaga dan mengutamakan komunikasi. Termasuk, dengan ketiga anaknya, Laurencia Averina, Albertus Edward dan Sebastianus Frederick.

Susi dan Alan yang memutuskan menikah pada 9 Februari tahun 1997, sama-sama meraih medali emas diajang Olimpiade Barcelona, tahun 1992. Susi turun di nomor tunggal putri, sementara Alan lahir di Surabaya, Jawa Timur, 29 Maret 1968 yakni di tunggal putra.

"Tidak perlu ikut-ikutan menjadi atlet seperti kami, sebab semua itu kan ada jalannya. Kami justru memberikan kebebasan kepada anak," kata Susi Susanti.

"Kami melihat, anak-anak memiliki bakat, tapi kemauannya saja yang kurang. Apalagi kalau dibilang, waktunya juga sudah terlambat untuk menjadi atlet," sambungnya.

Hal serupa, ikut ditegaskan Alan. Apalagi ditambahkannya, selalu memberikan arahan dan dukungan kepada ketiga anaknya tanpa ada dibedakan. Dengan demikian, dipaparkannya, sang anak bisa menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab.

"Apapun bidang profesinya, yang penting mereka bisa kerja keras. Sehingga apa yang dicita-citakan, harus bisa dikejar dengan kesungguhan hati dan selalu belajar. Anak-anak itu kalau saya lihat, suka bulu tangkis tapi hanya sebatas hobi saja atau aktifitas penunjang di sekolah," tutup Goei Reng Fang- nama lain Alan Budikusuma dalam bahasa Tionghoa.

Alan Budi Kusuma adalah atlet yang bisa belajar dari kekalahan. Contohnya pada tahun 1991, Alan kalah dari Ardy B. Wiranata di All England. Tetapi pada tahun 1992 Alan Budi kusuma mengalahkan Ardy B. Wiranata di Olimpiade Barcelona.

Contoh lainnya yakni, pada tahun 1996 Alan Kalah dari Poul Erick HL di Olimpiade Atlanta tapi pada tahun yang sama Alan Budi kusuma mengalahkan Poul Erik di Indonesia Open.? (esa)

BACA JUGA:

  1. Imlek 2016, Ini Rencana Keluarga Susi Susanti dan Alan Budikusuma
  2. Susi Susanti: Diskriminasi Itu Sekarang Sudah Tidak Ada
  3. Keluarga Susi Susanti dan Alan Budikusuma Jalankan Komunikasi Efektif
  4. Susi Susanti Antusias Nantikan Realisasi Dana Kesejahteraan Mantan Atlet
  5. Panji Hilmansyah, Putra Menteri Susi Alumni Gontor
#Alan Budikusuma #Susi Susanti
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan