hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Susah Tidur? Yuks, Ikuti Tips Ini Sulit tidur bukan masalah sepele dan harus cepat diatasi (Foto: pexels/John Mark Smith)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

BANYAK orang mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Guna mengatasinya berbagai cara dilakukan, tapi masih tetap saja sulit untuk jatuh ke dalam lembah mimpi. Bahkan ada yang sampai mencoba mengonsumsi obat tidur, obat dari dokter, dan cara-cara alami lainnya.

Beberapa orang juga mengalami masalah dalam tidur, seperti terbangun saat tengah malam, atau bangun terlalu cepat dan tidak bisa tidur lagi. Efeknya adalah kamu akan kekurangan energi saat memulai aktifitas pagi hari, lemas, dan tidak bersemangat. Kesehatan pun menjadi terganggu.

Berikut ini tips yang bisa kamu coba agar dapat cepat tidur.

Baca juga:

Tips Berpakaian Saat Interview Kerja untuk Perempuan


1. Matikan peralatan elektronik

Main handphone sebelum tidur dapat membuat kamu semakin terjaga (Foto: popsugar.com.au)
Main handphone sebelum tidur dapat membuat kamu semakin terjaga (Foto: popsugar.com.au)

Sebelum tidur, sebaiknya kamu memamtikan peralatan elektronik. Ubah settingan handphone kamu ke mode malam agar notifikasi yang masuk tidak berbunyi dan tidak menghidupkan layar. Hal ini demi menjaga agar kamu tidak terdistraksi.

Selain itu letakkan ponsel agak jauh sehingga sulit diraih. Gunanya agar kamu tak mudah memainkan posel saat kesulitan memulai tidur. Selain itu penjauhkan ponsel bisa berguna ketika di pagi hari. Kamu harus bangun untuk mematikan alarm.

Lalu ketika terbangun di tengah malam, jangan mencoba-coba untuk membuka ponsel. Karena cahaya layar ponsel dapat mengganggu hormon melatonin, sehingga merusak mood tidur.


2. Jangan makan sebelum memulai tidur

Makan sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit untuk rileks (Foto: pexel/lamngakan eka)
Makan sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit untuk rileks (Foto: pexel/lamngakan eka)

Cara lainnya adalah dengan tidak makan sebelum memulai tidur. Karena tubuh akan bekerja ekstra keras untuk mencerna makanan dan membuat kamu sulit rileks. Menurut pakar kesehatan, tubuh membutuhkan setidaknya empat jam untuk mencerna makanan, itu sebabnya kenapa orang-orang diet makan sebelum jam 7 malam, agar di malam harinya dapat tidur dengan mudah.

Baca juga:

Nyata Ada! Orang dengan Kepribadian Ganda

Selain itu, makan malam juga dapat membuat berat badan bertambah. Karena saat malam hari, produktivitas tubuh berkurang, sementara makanan ada di dalam tubuh dan siap untuk diurai. Akhirnya makanan tidak terurai dengan sempurna dan berubah menjadi lemak.


3. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi sebelum tidur dapat menyegarkan tubuh dan menjadi rileks saat mulai tidur (Foto: pexels/bruce mars)
Mandi sebelum tidur dapat menyegarkan tubuh dan menjadi rileks saat mulai tidur (Foto: pexels/bruce mars)

Mandi dipercaya dapat membuat kamu lebih cepat untuk memulai tidur. Kamu akan lebih rileks saat memulai tidur saat sudah mandi. Secara psikologis, saat kamu mandi, kamu dapat meringankan beban-beban penat di kepala setelah bekerja seharian.

Mandi setelah seharian bekerja di luar rumah juga dapat mengusir segala bakteri dan kotoran dari luar, sehingga tubuh kamu menjadi bersih dan segar saat sampai di kasur. Efek lainnya membuat kasur tetap bersih dari debu dan kotoran luar. Untuh hasil maksimal sangat disarankan mandi dengan air hangat guna melancarkan siklus peredaran darah.


4. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman

Lingkungan tidur yang nyaman juga dapat membantu kamu agar cepat tidur (Foto: pexels/Mary Whitney)
Lingkungan tidur yang nyaman juga dapat membantu kamu agar cepat tidur (Foto: pexels/Mary Whitney)


Untuk dapat tidur dengan mudah, kamu juga perlu menciptakan lingkungan atau situasi tidur yang nyaman. Cobalah merapihkan kamar dan membuat kondisi tidur yang nyaman bagi diri sendiri. Karena kondisi kamar yang berantakan dapat membuat kamu sulit untuk rileks.

Selain itu, cobalah mengganti sprei tempat tidur secara berkala. Karena tempat tidur yang bersih dan higienis juga dapat membuat kamu lebih mudah rileks. Disarankan juga untuk mematikan lampu saat tidur, demi memberikan sinyal ke otak bahwa sudah saatnya tidur. (Drw)

Baca juga:

5 Fasilitas Kelas Bisnis Ini Bikin Penerbangan Super Nyaman, Apa saja ya?


hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5