Susah Tidur? Terapkan Cara Mujarab Ini Insomnia bisa menjadi masalah serius (Foto: unsplash/Megan te Boekhorst)

KUALITAS dan kuantitas tidur memengaruhi kualitas hidup. Begitu pula kesehatan seseorang secara keseluruhan. Kurang tidur akan menimbulkan gangguan fisik dan mental. Pada umumnya, butuh delapan jam tidur dalam sehari untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Sulit tidur tandanya kamu mengalami insomnia.

Insomnia bisa diatasi dengan beberapa cara, misalnya penggunaan obat-obatan, terapi perilaku kognitif, atau kombinasi keduanya. Berikut adalah beberapa cara yang dipercaya mampu mengatasi insomnia menurut laman realbuzz:

Baca juga:

Semakin Gemuk Semakin Susah Tidur, Apa Iya?

1. Kurangi stres

Selesaikan masalah penyebab stres (Foto: pexels/Gratisography)

Mencari solusi penyebab stresakan sangat membantu mengatasi masalah tidur. Saat tubuh berada di bawah tekanan, tubuh memproduksi adrenalin yang meningkatkan dan menstimulasi respons 'melawan atau menghindar'.

Hal ini membuat kamu tetap waspada dan tidak bisa tidur. Menuliskan semua kekhawatiran yang harus kamu selesaikan bisa sangat ampuh untuk menciptakan rasa tenang.

2. Ubah lingkungan tidur kamu

Suhu kamar tidak boleh terlalu panas (Foto: pexels/Jean van der Meulen)

Pengaturan kamar juga dapat memengaruhi kebiasaan tidur kamu. Warna-warna cerah harus dihindari, dan menempatkan tirai di posisi yang tepat untuk mencegah cahaya masuk.

Ruangan tidak boleh berantakan, dan suhu tidak boleh terlalu panas. Suhu panas diyakini akan mengganggu mekanisme pendinginan alami yang mempersiapkan tubuh untuk tidur.

Selain itu, memiliki tempat tidur berkualitas akan menjadi salah satu faktor paling penting untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

3. Olahraga

Hindari olahraga sesaat sebelum tidur (Foto: pexels/Nathan Cowley)

Olahraga baik untuk menurunkan tingkat stres dan membantu tidur. Melakukan olahraga akan meningkatkan suhu tubuh inti dan meningkatkan tingkat adrenalin yang kemudian secara bertahap akan lebih rendah. Akhirnya kamu akan merasa lelah.

Olahraga harus dilakukan pada sore atau sore hari, karena kadar adrenalin membutuhkan waktu sekitar lima jam untuk menurun banyak untuk meningkatkan tidur nyenyak. Hindari berolahraga sesaat sebelum tidur karena malah akan membuatmu terjaga.

Baca juga:

Tidur Setelah Makan Siang Ternyata Juga Ada Manfaatnya

4. Pakai atau mengonsumsi mineral

Konsumsi sayuran hijau (Foto: pexels/Castorly Stock)

Mandi sebelum tidur dengan garam Laut Mati dapat membuat tubuh rileks. Garam mengandung potasium, dan magnesium yang dianggap sebagai salah satu penenang terbaik dari alam.

Dianjurkan untuk makan sayuran hijau yang kaya akan magnesium dan kalium serta kalsium sebagai bagian dari makan malam. Semuanya memiliki pengaruh menenangkan pada tubuh dan pikiran, dan akan membantu tidur.

5. Cobalah teknik relaksasi

Yoga mampu mengurangi stres (Foto: pexels/theformfitness)

Sejumlah teknik relaksasi seperti meditasi dan visualisasi, serta latihan lembut seperti yoga, dapat membantu mengurangi stres. Dengan demikian, akan mengurangi penumpukan hormon stres dan membantu tidur kamu. (lgi)

Baca juga:

Kotak Tidur Solusi Tidur Nyenyak di Malam Hari

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH