Surya Paloh Ungkap Ada Parpol Paling Pancasilais tapi Undang Propaganda, Sindir Siapa? Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kedua kiri) menghadiri pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11/2019). ANTARA FOTO/

Merahputih.com - Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyindir partai-partai yang mengaku paling Pancasila. Namun, mereka seakan berbicara penuh prasangka. Menurut Surya Paloh, seharusnya partai Pancasilais itu memberikan contoh yang baik.

"Semua penuh dengan kecurigaan maka kita semakin menjauhi nilai-nilai yang namanya Pancasila. Pancasila sebagai pegangan kita," kata Surya Paloh dalam pembukaan Kongres ke-II Partai NasDem di JI EXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (9/11).

Baca Juga

Pengamat Beberkan Faktor Retaknya PDIP-NasDem di Koalisi Jokowi

"Ngakunya partai nasionalis partai yang pancasilais, ya buktikan saja di rakyat yang membutuhkan pembuktian. Partai mana yang paling menanamkan nilai-nilai Pancasila, saudara-saudara," ujar Surya Paloh.

Selain progpaganda negatif, dia pun menyebut partai yang sinis dan mengajak berkelahi sebagai partai yang tidak Pancasilais.

"Kalau partai yang masih mengundang cynical propaganda yang kosong, mengajak berkelahi satu sama yang lainnya, ah yang pasti itu bukan Pancasilais itu," sindirnya.

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat memberikan sambutannya pada Pembukaan Kongres II Partai NasDem, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat malam (8/11) (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Kedepan, ia berharap, Partai NasDem dikenal sebagai partai Pancasilais pertama yang mempunyai sifat rendah hati.

"Rangkul teman, salam teman, tawarkan pikiran-pikiran sama teman, jangan musuhi teman. Nah itu baru namanya mengamalkan nilai-nilai Pancasila," imbuhnya.

Baca Juga

Surya Paloh Ingatkan Bahayanya Jika Tak Ada Pihak yang Kritisi Pemerintah

"Jangan karena partai tidak searah dengan jalannya kita, kita pikir dia musuh bebuyutan. Seakan akan tidak ada tempat sama sekali dalam bergandengan tangan," sambungnya. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH