Survive di 2020, Optimalkan Resolusi untuk Tahun Baru 2021 Rencanakan resolusi untuk tahun baru 2021. (Unsplash/Kelly Sikkema)

VAKSIN sudah di depan mata, tahun yang baru dapat menjadi awal untuk mempersiapkan diri pascapandemi COVID-19. Tahun baru yang semakin dekat memberikan kesempatan bagi kita semua untuk kembali mengingat tekanan pandemi, kondisi politik dan sosial di 2020. Secara paradoks, berbagai keburukan yang dibawa 2020 dapat membantumu mencapai tujuan di 2021.

Jika bisa membaca ini, kamu adalah penyintas dari kondisi tekanan ekstrem yang disajikan di 2020. Berbagai hal yang terjadi sepanjang tahun telah penyebab stres yang dihadapi sebagian besar populasi dunia selama pandemi.

Belajar jarak jauh, bekerja dari rumah, pemecatan massal, kematian teman dan keluarga, karantina mandiri dan PSBB, kesulitan keuangan yang parah, kondisi politik yang makin memanas, demonstrasi di mana-mana, dan bencana alam hanyalah sebagian dari suguhan di 2020.

Baca juga:

Berdamai dengan Resolusi Tahun Baru yang Gagal

Jika berhasil survive hingga akhir tahun 2020, inilah bukti nyata bahwa kamu kuat, banyak akal dan mampu mengatasi masalah dan kesulitan. Berita mengenai keberhasilan vaksin dan kedatangannya di Indonesia, kita semua seperti dapat melihat 'cahaya di ujung terowongan'.

Dengan kata lain, jika telah selamat dari stres di 2020. Kamu sekarang memasuki fase akhir pemulihan pandemi dunia. Menetapkan beberapa tujuan untuk diri sendiri dapat membantumu selama periode pemulihan dan menyiapkan diri menuju sukses begitu kita mulai keluar dari pandemi.

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memikirkan kamu ingin berada di mana setelah pandemi selesai. Keberhasilanmu melewati 2020 dapat menambahkan dorongan motivasi yang datang setiap pergantian tahun untuk memaksimalkan peluangmu mewujudkan resolusi.

Berikut ini tiga hal yang dapat membantu keberhasilan resolusi seperti yang dituliskan Carrie H. Kennedy, Ph.D., ABPP, seorang neuropsikolog di laman psychologytoday.

Tentukan Tujuan

Survive di 2020, Optimalkan Resolusi untuk Tahun Baru 2021
Tentukan tujuan sebelum menyusun resolusi tahun baru. (123RF/Iryna Khabliuk)

Tetapkan tujuan yang menyeluruh (misalnya, menjadi lebih sehat, mendapatkan pekerjaan baru) dan kemudian menetapkan langkah-langkah yang dapat dicapai dan terukur untuk mencapai tujuan tersebut.

Jika kamu mencoba untuk mendapatkan pekerjaan baru, misalnya, langkah-langkahnya dapat mencakup menyiapkan resume, membuat profil di situs media sosial yang dirancang untuk karier dan pencarian pekerjaan, melakukan penelitian di tempat-tempat yang mungkin kamu inginkan untuk bekerja, melakukan pencarian pekerjaan secara aktif, dll.

Sukses menuju tujuan menyeluruh akan lebih mudah dicapai melalui langkah-langkah kecil. Dengan demikian, kamu dapat bertahan dalam proses mencapai tujuan.

Baca juga:

Alasan Mengejutkan Mark Zuckerberg Tak Mau Bikin Resolusi Tahun Baru

Resolusi Realistis

Survive di 2020, Optimalkan Resolusi untuk Tahun Baru 2021
Buatlah resolusi yang realistis. (123RF/EKKAPON BOONYOUNG)

Buatlah resolusi yang realistis. Banyak dari kita ingin menjadi brilian, miliarder seperti Ironman. Sayangnya, bagi sebagian besar dari kita, ini tidak akan terwujud. Apa yang sebenarnya ada dalam genggamanmu? Coba buat serangkaian langkah dan sub-tujuan dan kerjakan itu.

Jika kamu ingin menurunkan banyak berat badan, misalnya, mungkin penurunan berat badan 10 kg dengan penambahan 5 kg jadi langkah terbaik untuk memulai. Itu lebih masuk akal daripada langsung mencoba mencapai berat 60 kg.

Resolusi Terukur

Survive di 2020, Optimalkan Resolusi untuk Tahun Baru 2021
Prioritaskan resolusi yang terukur. (123RF/pitinan)

Terakhir, cobalah membuat resolusi yang terukur. Tujuan yang ambigu (misalnya, menjadi lebih sehat, meningkatkan keuangan) membuat resolusi busuk dari dalam dirinya sendiri.

Menjadi lebih sehat atau meningkatkan keuangan adalah tujuan menyeluruh yang bagus, tetapi mereka membutuhkan langkah-langkah yang dapat dicapai dan terukur untuk membantu kamu mencapainya. Misalnya, jika stabilitas keuangan adalah tujuanmu, analisa kreditmu dan buatlah rencana terperinci untuk menlunasinya.

Buatlah pencapaian yang konkret (misalnya, mengurangi penggunaan AC dan mesin cuci untuk mengurangi tagihan listrik, atau membayar jumlah tertentu di atas pembayaran minimum bulanan untuk melunasi tagihan kartu kredit).

Saat menandai tagihan, hutang, atau pencapaian investasi tertentu, kamu tidak hanya akan secara bertahap mencapai tujuan menyeluruh. Tetapi kamu juga dapat merayakan kemenangan dan mengamati kemajuan-kemajuan kecil di sepanjang prosesnya.

2020 telah menjadi tahun yang sulit, tetapi seluruh bangsa berada di titik puncak perubahan. Bersikap baik kepada diri sendiri. Tetapkan beberapa tujuan yang realistis. Rayakan pencapaian kecil.

Gunakan harapan kedatangan vaksin dan lembaran Tahun Baru untuk mendapatkan momentum untuk memulai 2021 dan mempersiapkan dirimu pascapandemi COVID-19. (Aru)

Baca juga:

Serena Williams Tidak Percaya dengan Resolusi Tahun Baru, Kenapa ya?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
GIIAS Auto360 Pengganti Pameran GIIAS
Fun
GIIAS Auto360 Pengganti Pameran GIIAS

Gaikindo segera rilis aplikasi otomotif.

Ini Tanda-Tanda Orangtua Terlalu Protek
Fun
Ini Tanda-Tanda Orangtua Terlalu Protek

Terkadang orangtua malah menjadikan anaknya seperti boneka kaca.

Anime One Punch Man Akan Diadaptasi Jadi Film Live-Action oleh Sony Pictures
ShowBiz
Anime One Punch Man Akan Diadaptasi Jadi Film Live-Action oleh Sony Pictures

Volume pertama dan kedua One Punch Man berhasil masuk pada daftar manga terlaris versi New York Times.

BioNTech Yakin Vaksinnya dapat Mengatasi Varian Baru COVID-19
Fun
BioNTech Yakin Vaksinnya dapat Mengatasi Varian Baru COVID-19

BioNTech memiliki keyakinan berdasarkan bukti ilmiah bahwa vaksin virus korona juga akan bekerja pada varian yang terdeteksi di Inggris.

Ratu Elizabeth II Punya Alasan Kerap Memakai Sarung Tangan
Fun
Ratu Elizabeth II Punya Alasan Kerap Memakai Sarung Tangan

Ratu Elizabeth II dikenal selalu mengenakan sarung tangan ketika tampil di publik.

Waspadai Ciri-Ciri Akun Online Shop Penipu
Fun
Waspadai Ciri-Ciri Akun Online Shop Penipu

Ketahui ciri-ciri akun online shop penipu sebelum kamu merugi dibuatnya.

Keras Kepala, Zodiak Berikut Sulit Kompromi dengan Pasangannya
Fun
Keras Kepala, Zodiak Berikut Sulit Kompromi dengan Pasangannya

Watak keras kepala menjadi alasan di balik sulitnya mereka mencapai kesepakatan dengan pasangan.

Sifu, Gim Kung Fu Seru di PlayStation
Fun
Sifu, Gim Kung Fu Seru di PlayStation

Sifu benar-benar menunjukan bagaimana gameplay bertempur dengan mengeksplorasi dan menjelajah.

Tembus Rp506 Miliar, Dota 2 The International 10 Jadi Turnamen dengan Hadiah Terbesar di Dunia
Fun
Tembus Rp506 Miliar, Dota 2 The International 10 Jadi Turnamen dengan Hadiah Terbesar di Dunia

TI10 memecahkan rekor sebagai turnamen dengan prize pool terbesar di industri Esports.