Survei TII: Mahfud MD dan Sri Mulyani Cawapres Paling Layak di Pilpres 2019

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 15 Juli 2018
Survei TII: Mahfud MD dan Sri Mulyani Cawapres Paling Layak di Pilpres 2019
Menkeu Sri Mulyani Indrawati (kiri) menerima Penghargaan Menteri Terbaik. (Foto Antara/Christopher Pike)

MerahPutih.com - Survei The Initiative Institute merilis hasil risetnya terkait tokoh yang paling layak menjadi Cawapres di Pilpres 2019, di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (15/7).

Hasilnya, Mahfud MD dan Sri Mulayani menduduki posisi teratas pilihan responden.

Direktur Eksekutif TII Airlangga Pribadi mengungkapakan, berdasarkan pertanyaan yang diajukan kepada responden terpilih, TII menemukan bahwa kalangan profesional menjadi pilihan paling layak untuk Cawapres di Pilpres 2019.

Mahfud MD
Mantan Ketua MK Mahfud MD (foto: Twitter @mohmahfudmd)

"Paling banyak dipilih berlatar belakang profesional dan berpengalaman dalam pemerintahan selain Ketum Parpol, atau pemimpin Ormas," kata Airlangga.

Adapun tokoh yang paling banyak dipilih menurut klaster masing-masing, adalah Mahfud MD dan Sri Mulayani. Pilihan tersebut berdasarkan pada Pertanyaan menurut anda, sipakah tokoh yang layak menjadi wakil presiden?

"Mahfud MD memperoleh 70,6 persen suara, Srimulyani 64,1 persen, Chairul Tanjung 62 persen, Anies Baswedan 60,9 persen, Gatot Nurmantyo 59, 4 persen dan AHY 59,2 persen," ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan klaster Mahfud MD unggul pada kategori pengalaman di pemerintahan, tokoh ormas keagamaan, profesioanal dan berlatar belakang Islam.

Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers kinerja APBN 2018 (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Sekadar informasi, Survei TII digelar pada 10-15 Juli 2018 dengan metode purposive sampling, dengan jumlah responden sekitar 177 orang yang tersebar di Tujuh Kota Besar di Indonesia.

Responden adalah mereka yang memiliki informasi cukup baik tentang kebijakan dan karakteristik tokoh, terdiri dari kalangan akademisi, jurnalis, NGO, ormas kepemudaan dan profesional. (Fdi)

Baca juga: Kelemahan Moeldoko Jika Maju sebagai Cawapres

#Mahfud MD #Sri Mulyani Indrawati #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan