Pilpres 2019

Survei Terbaru Charta Politika Selisih Elektabilitas Jokowi vs Prabowo Tinggal 16,9 Persen

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 13 April 2019
 Survei Terbaru Charta Politika Selisih Elektabilitas Jokowi vs Prabowo Tinggal 16,9 Persen
Direktur Lembaga Riset Charta Politika Yunarto Wijaya (MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis hasil survei terbaru elektabilitas Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi.

Dari survei yang dilakukan pada tanggal 5-10 April 2019 itu, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf meraih angka 55,7 persen sedangkan pasangan Prabowo-Sandi elektabilitasnya 38,8 persen.

"Pasangan nomor satu Jokowi-Ma'ruf mendapatkan angka 55,7 persen, Prabowo-Sanndi 38,8 persen. Undicided voters, pemilih yang belum menentukan pilihan tinggal 5,5 persen. Dengan selisih sekitar 16,9 persen," ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya saat memaparkan hasil survei tersebut di Jakarta, Sabtu (13/4).

Lebih lanjut Yunarto menyatakan tingkat kemantapan pilihan masyarakat sudah berada di angka 84,2 persen yang berarti pemilih kedua calon capres dan cawapres sudah kuat jika pemilihan capres dan cawapres dilakukan pekan ini.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi
Pasangan Pilpres 2019 duet Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Foto: Ist

"Jadi ada pertumbuhan tingkat kemantapan yang sama juga dari kedua pemilih. Sama-sama cebong dan kampret sama-sama makin fanatik, kira-kira begitu," terang Yunarto Wijaya sebagaimana dilansir Antara.

Berdasarkan survei tersebut, jumlah pemilih yang sudah memantapkan pilihan sudah tergolong tinggi dan kemungkinan mengubah pilihan hampir tidak mungkin.

"Ini sudah mencapai angka hampir 90 persen, angka yang sudah sangat kecil untuk bergerak. Hanya sekitar 5 dan 6 persen yang mengatakan masih bisa berubah," ujarnya.

Survei nasional Charta Politika dilakukan melalui metode wawancara tatap muka dengan sampel 2.000 responden di 34 provinsi. Survei ini memiliki tingkat margin of error kurang lebih 2,19 persen.(*)

#Hasil Survei #Yunarto Wijaya #Prabowo Subianto #Joko Widodo #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan