Survei SPIN: Elektabiltas Prabowo Melesat, Tinggalkan Ganjar dan Anies

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 08 Mei 2023
Survei SPIN: Elektabiltas Prabowo Melesat, Tinggalkan Ganjar dan Anies
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai acara Reuni Akbar dan Halalbihalal Purnawirawan di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Yogyakarta, Rabu (3/5). ANTARA/Luqman Hakim

MerahPutih.com - Survei & Polling Indonesia (SPIN) merilis hasil survei elektabilitas tiga capres yang mengemuka.

Elektabilitas Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melesat hingga 33,2 persen, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo 17 persen, dan mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan 16,6 persen.

Baca Juga

Survei SMRC: Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat Jadi Capres 2024

Tren dukungan terhadap Prabowo terus naik di periode tersebut sementara Ganjar mengalami degradasi begitu pula Anies.

Direktur SPIN, Igor Dirgantara memaparkan sejumlah alasan dan indikator mengapa terjadi kenaikan elektabilitas terhadap Prabowo dalam rilis survei (8/5).

“Kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan minim pencitraan. Bahkan, berdasarkan data Global Firepower Index menyebutkan kekuatan militer Indonesia di masa Menhan Prabowo berada pada peringkat 15 dari 140 negara di dunia pada 2022 dan nomor 1 terkuat di ASEAN," kata Igor.

Baca Juga

Survei Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies

Selain itu, Igor juga menyatakan adanya dampak dari endorsement Jokowi baik secara terbuka dan konkrit melalui Musyawarah Relawan (Musra).

Dukungan bagi Prabowo sebagai Capres 2024 yang paling diminati muncul dalam berbagai Musra yang diprakarsai oleh gabungan relawan Jokowi.

“Di Musra XXII Palu, Sulawesi Tengah Prabowo meraih nominasi tertinggi sebanyak 27.71 persen, sementara Ganjar 23,59 persen. Hal yang sama juga terjadi di Musra Lampung, Sumbar dan Yogyakarta menempatkan Prabowo selalu unggul atas Ganjar, semakin menguatkan arah endorsmenet Jokowi memang ke Prabowo," jelas Igor.

Di samping itu, Prabowo juga dinilai sebagai sosok yang dekat dengan rakyat. Gaya komunikasi politik Ketum Partai Gerindra tersebut juga dianggap lebih menyentuh kalangan bawah masyarakat.

"Prabowo bukan hanya dipersepsikan sebagai sosok yang tegas dan berwibawa, melainkan juga merakyat," pungkasnya. (Pon)

Baca Juga

Prabowo Ucapkan Selamat untuk Lettu Agus Prayogo yang Raih Emas di SEA Games 2023

#Prabowo Subianto #Hasil Survei
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan