Survei Spektrum Politika: Elektabilitas PDIP Paling Tinggi, Demokrat Tak Ada di Lima Besar

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 19 Agustus 2021
Survei Spektrum Politika: Elektabilitas PDIP Paling Tinggi, Demokrat Tak Ada di Lima Besar
Presiden kelima RI sekaligus Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. ANTARA/HO-PDIP

Merahputih.com - Spektrum Politika Institut merilis hasil survei terkait tingkat elektabilitas partai politik di Indonesia. Hasilnya, PDI Perjuangan tetap menjadi partai politik dengan elektabilitas paling unggul hingga saat ini dengan perolehan dukungan suara 18,9 persen.

Terjadi persaingan ketat di antara partai politik yang ada di DPR untuk memperoleh suara terbesar. Di peringkat kedua, diikuti oleh Partai Gerindra.

"Dengan dukungan suara sebesar 11,7 persen," kata Direktur Data dan Riset Spektrum Politika Institut Andri Rusta di Padang, Kamis (19/8).

Baca Juga:

Pesawat Kepresidenan Dicat Merah, Demokrat: Menghapus Jejakmu!

Survei tersebut mengambil tema "Dinamika Perubahan Persepsi dan Perilaku Memilih Masyarakat Pasca Pemilu 2019" di Indonesia pada 5-17 Juli 2021. Survei melibatkan 1.240 orang responden yang diwawancarai langsung dengan margin of error sebesar 2,8 persen, tingkat kepercayaan 95 persen yang dilakukan di 34 provinsi di Indonesia.

Sejumlah pertanyaan diajukan kepada responden, terutama mengenai elektabilitas partai politik yang ada hari ini.

Setelah Gerindra posisi ketiga untuk elektabilitas partai ada PKB yang memperoleh dukungan sebesar 7,9 persen, Partai Golkar dengan jumlah dukungan suara sebesar 6,7 persen , dan urutan kelima adalah PAN dengan dukungan sebesar 6,2 persen.

"Masuknya PAN di peringkat lima besar ini memang menarik karena PAN bukan partai koalisi pemerintah yang mendominasi di DPR," kata dia.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dok ANTARA
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dok ANTARA

Selanjutnya, di peringkat enam ada Partai Demokrat dengan suara sebanyak 6,1 persen, PKS 5,8 persen, Partai Nasdem sebesar 4,1 persen dan PPP sebesar 3,6 persen.

Akan tetapi survei tersebut juga menemukan bahwa pilihan masyarakat masih belum sepenuhnya mengakar pada nilai-nilai ideologi yang dimiliki masing-masing partai tersebut.

"Ini dibuktikan dengan tingkat kesukaan dan kedekatan masyarakat yang masih rendah kepada partai politik yang ada dalam sistem politik," ujarnya.

Survei ini menemukan tingkat kesukaan dan kedekatan masyarakat pada partai politik hanya pada angka 33,2 persen.

Baca Juga:

Demokrat Sarankan PPKM Level 4 Dilanjutkan

Sementara itu, sebanyak 59,4 persen masyarakat Indonesia belum merasakan kesukaan dan kedekatannya dengan partai politik. Ini harusnya menjadi perhatian partai politik karena rendahnya "party ID" masyarakat Indonesia.

Menariknya, dari 33,2 persen yang merasa suka dan dekat kepada partai politik ini hanya kepada PDI Perjuangan dan Partai Gerindra dengan "party ID" masing-masingnya adalah 24,4 persen dan 16,5 persen.

"Sedangkan partai politik lain jauh berada di bawah kedua partai tersebut," tutupnya. (Knu)

#Survei #PDIP #Gerindra #Partai Gerindra #Golkar #PKB #Partai Demokrat
Bagikan
Bagikan