Survei SMRC: Jokowi Ungguli Prabowo di Jawa Barat

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 02 November 2017
Survei SMRC: Jokowi Ungguli Prabowo di Jawa Barat
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) menyambut Presiden Joko Widodo di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. (Foto Humas Rahmat)

MerahPutih.com - Hasil survei lembaga penelitian Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan, Presiden Joko Widodo menyalip perolehan suara Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Jawa Barat pada Pilpres 2019.

SMRC merilis hasil temuan tentang dukungan politik warga Jawa Barat untuk pemilihan presiden 2019. Dari sejumlah nama yang beredar di publik, nama Joko Widodo dan Prabowo Subianto masih mendominasi dukungan warga Jawa Barat. Kali ini Jokowi berhasil mengungguli pesaing terberatnya itu di Jawa Barat.
"Dalam pertanyaan spontan Joko Widodo mendapat dukungan terbanyak, 25,7 persen, bersaing ketat dengan Prabowo Subianto yang mendapat dukungan 22 persen. Sedangkan nama-nama lain di bawah 2 persen," ujar Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan saat merilis hasil surveinya di Kantor SMRC, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (2/11).
Djayadi menjelaskan, dalam simulasi dua nama, Jokowi memeroleh dukungan 48,8 persen warga, sementara Prabowo 43,8 persen. Ia menuturkan, dibanding Mei 2017, dukungan terhadap Jokowi mengalami peningkatan sekitar 7,3 persen, sedangkan Prabowo mengalami penurunan sekitar 8,5 persen.
Dengan hasil survei ini, Djayadi mengatakan bahwa untuk pertama kalinya sejak Pilpres 2014, Jokowi berhasil mengungguli Prabowo di Jawa Barat. Sebagai perbandingan, pada Pilpres 2014, Jokowi mendapat suara di Jawa Barat 40,2 persen sementara Ketua Umum Partai Gerindra itu unggul jauh dengan perolehan suara 59,8 persen. ‎

Djayadi berkata dari empat kali survei yang dilakukan sejak Pilpres 2014, terlihat tren pelemahan dukungan pada Prabowo di Jawa Barat.

"Dan bila tren ini berlanjut, Peluang Jokowi untuk memenangkan pilpres di Jawa Barat semakin besar," kata Djayadi.

Survei SMRC dilakukan pada akhir September hingga awal Oktober 2017, dengan 820 responden yang ditarik dengan menggunakan metode multi-stage random sampling di Jawa Barat dengan margin of error 3,5 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Fdi)

#Joko Widodo #Saiful Muzani Research And Consulting (SMRC) #Prabowo Subianto #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan