Survei SMRC: Jokowi-Ma'ruf 54,9 Persen, Prabowo-Sandi 32,1 Persen Direktur Riset SMRC Deni Irvani (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Elektabilitas calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin kembali unggul dari pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hal itu tercermin dari hasil survei terbaru yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

"Ini temuan yang signifikan, nyata dan jelas meyakinkan bahwa calon yang satu lebih unggul atas calon lain," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani dalam jumpa pers di Kantor SMRC, Jakarta Pusat, Minggu (10/3).

Dalam survei bertajuk 'Dukungan Calon Presiden dan Integritas Penyelenggara Pemilu' ini, peneliti menanyakan, seandainya pemilu dilakukan sekarang, siapa pasangan capres dan cawapres yang akan dipilih.

Hasilnya, 54,9 persen memilih pasangan Jokowi-Ma'ruf. Sementara, hanya 32,1 persen yang memilih pasangan Prabowo-Sandi. Kemudian, sebanyak 13,0 persen menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

"Selisih keduanya sekitar 23 persen, bila pilpres dilakukan saat survei," imbuh Deni.

Jokowi dan Prabowo saat debat kedua (MP/Rizki Fitrianto)
Jokowi dan Prabowo saat debat kedua (MP/Rizki Fitrianto)

Menurut Deni, bila 13 persen undecided semuanya ke Prabowo-Sandi maka Jokowi-Maruf masih unggul sekitar 10 persen. Dia menyebut, angka ini lebih besar dari selisih Pilpres 2014 yang sekitar 6 persen.

"Sekitar 87 persen calon pemilih sudah bersikap akan memilih pasangan mana," pungkasnya.

Survei opini publik nasional yang digelar SMRC ini dilakukan pada 24-31 Januari 2019. Penelitian menggunakan metode multistage random sampling, dengan melibatkan 1.426 responden.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut sebesar 2,65 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Pon)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH