Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Naik, Prabowo Stagnan, Anies Turun

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 13 Mei 2023
Survei SMRC: Elektabilitas Ganjar Naik, Prabowo Stagnan, Anies Turun
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada acara peringatan Hari Bumi di Kabupaten Cilacap, Jumat (12/5/2023). (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

MerahPutih.com - Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru terkait elektabilitas tiga bakal calon presiden yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.

"Ganjar menempati posisi pertama dengan elektabilitas 39,2 persen, Prabowo sebesar 32,1 persen dan Anies sebesar 19,7 persen," ujar Direktur Riset SMRC Deni Irvani di Jakarta, Jumat (12/5).

Baca Juga

90 Persen Relawan Jokowi Dukung Ganjar Pranowo

Sementara untuk periode yang sama, Prabowo cenderung stagnan dari 34,1 persen menjadi 32,1 persen, dan Anies cenderung menurun dari 23,5 persen menjadi 19,7 persen.

Deni mengungkapkan dukungan kepada Ganjar dalam sebulan terakhir terus menguat, setelah dideklarasikan sebagai capres oleh PDI Perjuangan.

"Elektabiltas Ganjar dari 33,2 persen di awal April 2023 menjadi 39,2 persen di awal Mei 2023, atau naik 6 persen," jelasnya.

Sementara untuk periode yang sama, dukungan pada Prabowo relatif stabil dari 31,5 persen menjadi 32,1 persen. Lalu, dukungan kepada Anies turun dari 24,2 persen menjadi 19,7 persen.

Baca Juga

PDIP Sebut Ada Partai Lain Selain Hanura dan PPP yang akan Dukung Ganjar

SMRC menggelar survei pada 30 April hingga 7 Mei 2023. Adapun populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Dari populasi itu dipilih secara multistage random sampling sebanyak 1.220 responden. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1.020 atau 84 persen.

Sebanyak 1.020 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Para responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Adapun quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih. (*)

Baca Juga

Relawan Tak Campuri Kedaulatan Parpol Tentukan Cawapres Pendamping Ganjar

#Survei SMRC #Ganjar Pranowo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan