Survei SMRC: 67 Persen Warga Setuju Prabowo Jadi Cawapres Jokowi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 02 Januari 2018
Survei SMRC: 67 Persen Warga Setuju Prabowo Jadi Cawapres Jokowi
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subiyanto. (Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan mayoritas warga setuju bila Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dijadikan calon Wakil Presiden (cawapres) mendampingi Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 2019 mendatang.

"Sekitar 67 persen warga menyatakan setuju dengan kombinasi pasangan Jokowi Prabowo sebagai capres-cawapres 2019," kata Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Jayadi Hanan saat memaparkan hasil survei bertajuk Tahun Politik 2018: Kekuatan Partai dan Calon Presiden di Kantor SMRC, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (2/1).

Menurut Jayadi, ‎angka tersebut merupakan peningkatan signifikan dari September 2017. Pada saat itu, hasil survei tersebut hanya mencapai 48,1 persen.

Dalam survei ini juga terungkap, Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto masih menjadi dua nama teratas yang bakal maju di ajang Pilpres 2019 mendatang.

Rivalitas keduanya di 2014 juga diprediksi akan kembali terulang. Namun, elektabilitas Prabowo tertinggal jauh dibandingkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Berdasarkan pertanyaan terbuka dengan ditampilkan lebih dari 30 nama capres, elektabilitas Prabowo hanya ‎memperoleh 18,5 persen. Ia tertinggal jauh dari Jokowi yang memperoleh 53,8 persen.

Sementara itu, ketika nama Prabowo diadu dengan Jokowi, elektabilitas Prabowo malah semakin mengecil.

"Elektabilitas Prabowo yaitu 27,1 persen dan Jokowi sebesar 64,1 persen, ungkap Jayadi.

Diketahui, survei nasional SMRC dilakukan pada 7 hingga 13 Desember 2017 dengan melibatkan 1220 responden. Sampel ditarik secara multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error ± 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Pon)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Polisi Buru Bandar Jaringan Artis Jennifer Dunn

#Pilpres 2019 #Joko Widodo #Prabowo Subianto
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan