Survei Poltracking: Pilkada 2018 Warga Inginkan Gus Ipul Jadi Gubernur Jatim Hasil survey Poltracking Indonesia. (Foto: Mp/Ponco Sulaksono)

Hasil survey Poltracking Indonesia yang bertajuk ' Menakar Kandidat Potensial Pilkada Jawa Timur 2018' menyebut Syaifullah Yusuf merupakan kandidat yang paling diinginkan publik untuk menjadi Gubernur Jawa Timur.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia, Hanta Yuda mengatakan, jika Pilkada Jawa Timur dilaksanakan sekarang (simulasi 18 kandidat), maka pria yang akrab disapa Gus Ipul tersebut menempati posisi tertinggi diatas kandidat lainnya.

"Syaifullah Yusuf berpotensi unggul 31.27%, sementara, Abdullah Azwar Anas kandidat yang paling diinginkan publik untuk menjadi Wakil Gubernur Jawa Timur 22.81%," kata Hanta, saat merilis hasil surveinya di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (11/6).

Jika kandidat ada 4 (simulasi), kata dia, maka Syaifullah berada di angka 32.29%, disusul Tri Rismaharini sebesar 27.08%, Khofifah Indar Parawansa 19.11% dan Abdullah Azwar Anas sebesar 8.47%.

"Keempat kandidat ini memiliki potensi keterpilihan yang tinggi dalam berbagai simulasi," ungkapnya.

Lebih lanjut Hanta memaparkan, Gus Ipul, Risma dan Khofifah merupakan figur-figur yang berpotensi menjadi kandidat kuat gubernur dalam Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang.

"Syaifullah Yusuf merupakan kandidat incumbent dengan penilaian kinerja cukup baik sebagai Wakil Gubernur dan juga berpengaruh di kalangan Nahdliyin," tukas dia.

Sedangkan Risma, menurut Hanta, kepala daerah yang dinilai berhasil memimpin kota Surabaya. Kemudian, lanjut dia, Khofifah merupakan Menteri Sosial dan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) berpengaruh di Jawa Timur.

Survei ini dilaksanakan pada tanggal 19-25 Mei 2017 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah responden 800 orang dengan margin of error sebesar 3,5 % pada tingkat kepercayaan 95%. (Pon)

Baca berita terkait berikut ini: Survei: Kang Emil dan Deddy Mizwar Kandidat Kuat Cagub Jabar



Yohannes Abimanyu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH