Survei Pilgub Jabar: Ridwan Kamil Unggul Telak di Bandung Ridwan Kamil, Foto: Facebook

MerahPutih.com - Pemilihan Gubernur Jawa Barat masih setahun lagi. Tetapi, dari hasil survei Instrat yang dilakukan pada 22-26 September 2017 menunjukkan Ridwan Kamil unggul telak di Bandung.

Wali Kota Bandung itu mendapat dukungan 61 persen suara diikuti Deddy Mizwar dengan 9 persen suara dan Dedi Mulyadi dengan 8,4 pesrsen suara. Selain tiga nama teratas tadi, sejumlah nama juga ‘diminati’ responden untuk memimipin Tanah Pasundan yakni Abdullah Gymnastiar ( Aa Gym) dipilih oleh 6,8 persen responden, Ahmad Syaikhu mendapat suara 4,4 persen dan Puti Guntur Soekarno memperoleh dukungan 1 persen.

Menurut Adi Nugoho, analis Sosial Instrat, survei ini melibatkan 500 responden yang tersebar di 30 kecamatan di kota Bandung dengan komposisi laki –laki 50 persen, perempuan persen persen. Mayoritas responden, 44 persen, berusia 35 – 49 tahun, 24,4 persen berusia 50 – 64 tahun dan 23 ,4 peren berusia 22-34 tahun.

"Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan margin of error 4 persen," kata Adi, Senin, (16/10).

Kuatnya sokongan warga Bandung kepada Ridwan Kamil sebagai Cagub Jabar, berbanding lurus dengan tingkat kepuasan mereka atas kinerja Kang Emil selaku Walikota Bandung. Hasil survei menunjukkan, mayoritas, 80 persen warga Bandung mengaku puas dengan kinerja Ridwan Kamil. Mayoritas responden, 86 persen, juga merasa Ridwan Kamil banyak melakukan perubahan ke arah lebih baik.

"Kang Emil berada di posisi teratas karena memang modal sosialnya kuat," kata Adi.

Menariknya, selain unggul telak jika maju sebagai Cagub Jabar, Ridwan Kamil juga sangat ‘laku’ bila kembali mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bandung. Tingkat popularitas Kang Emil mencapai 97,4 persen jauh diatas Nurul Arifin 88,8 persen, Oded 88,8 persen, Atalia Kamil, 59,4 persen dan M. Frahan 55,6 persen.

Namun hasil Pilkada 2018 tentu berbeda dengan hasil survey tadi. Survey menunjukkan sampai saat ini baru 70 persen warga Bandung yang mengetahui akan digelar Pilkada serentak tahun 2018 dan sisanya,30% tidak mengetahui. Survei juga menunjukkan, 74% warga belum menentukan pilihan (dari 70% warga yang sudah tahu), baru 26%-nya yang sudah menentukan pilihan.

Rencana Kang Emil maju di Pilgub Jabar juga belum diketahui seluruh warga Bandung. Hasil Survei menunjukkan masih ada 20 persen responden yang tak tahu Kang Emil sekarang menjadi bakal calon Gubernur Jabar.

Berita ini merupakan laporan Mauritz, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH