Survei Orkestra Prediksi Gerindra Kalahkan PDIP di Pemilu 2019

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 03 Desember 2017
Survei Orkestra Prediksi Gerindra Kalahkan PDIP di Pemilu 2019
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Hasil survei Organisasi Kesejahteraan Rakyat (Orkestra) menemukan adanya perubahan elektabilitas parpol di Pilpres 2019 mendatang.

Ketua Orkestra Poempida Hidayatullah mengungkapkan survei yang digelar 6-20 November 2017 menemukan bahwa elektabilitas Partai Gerindra berada pada posisi puncak mengalahkan PDIP di posisi kedua.

"Elektabilitas Partai Gerindra mencapai 15,2 persen, disusul PDIP di peringkat kedua dengan 12,5 persen," kata Poempida saat rilis hasil survei Orkestra di bilangan Menteng Jakarta Pusat, Minggu (3/12).

Sementara Partai Demokrat berada di posisi ketiga dengan 7,4 persen Partai Golkar di posisi keempat dengan 7,3 persen. PKS menempati peringkat kelima dengan 5,8 persen, PKB 5,4 persen, PPP 3,4 persen, PAN 3,3 persen, Nasdem 3,3 persen, Perindo 2,9 persen, Hanura 2,4 persen, PSI 2 persen, PKPI 1,8 persen dan PBB 1,6 persen.

Menurut politisi Golkar ini, meningkatnya elektabilitas Gerindra disebabkan oleh sikap partai yang selalu kritis terhadap pemerintah. Misalnya, soal penolakan Perppu Ormas.

"Gerindra menempatkan diri sebagai partai yang kritis terhadap pemerintah. Isu mengenai UU Ormas cukup menggerus suara PDIP dan melambungkan Gerindra," kata dia.

Dikatakannya, jika Gerindra tidak melakukan kesalahan besar dan mampu merawat basis massanya, diprediksi pileg 2019 mendatang akan dikuasai partai berlambang kepala burung Garuda tersebut.

"Pemilu 2019 mendatang memungkinkan terjadi perseteruan sengit tiga parpol besar, Gerindra, PDIP dan Demokrat di mana Gerindra berpeluang menang Pemilu 2019," terangnya.

Sekadar Informasi, Survei Orkestra digelar pada 6-20 November 2017 terhadap 1300 responden seluruh Indonesia. Mengginakan metode multistage random sampling dengan margin of error 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (Fdi)

#Partai Gerindra #PDIP #Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan