Survei Median: Penyuka Gerakan 212 Mayoritas Dukung Anies Direktur Eksekutif lembaga survei Median, Rico Marbun ditemui dalam rilis survei di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020) (ANTARA/Fathur Rochman)

MerahPutih.com - Lembaga survei Median merilis hasil survei terkait persepsi publik akan gerakan 212 pada 2017.

Hasil survei menunjukkan, sebanyak 28,8 persen masyarakat suka dengan gerakan 212. Sementara 20,7 persen masyarakat tidak suka, dan 50,6 persen tidak menjawab.

Baca Juga:

PSI Sindir Anies Cepat Garap Formula E, tapi Ogah-ogahan Urus Banjir

"Tapi lebih banyak yang sebenarnya tidak punya jawaban," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (24/2).

Berdasarkan hasil survei, penyuka gerakan 212 menyatakan dukungannya kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anies Baswedan saat doa bersama atas kemenangannya sesuai hasil quickcount Pilgub DKI 2017, Masjid Istiqlal, Rabu (19/4). (MP/Rizki Fitrianto)

Anies Baswedan saat doa bersama atas kemenangannya sesuai hasil quickcount Pilgub DKI 2017, Masjid Istiqlal, Rabu (19/4). (MP/Rizki Fitrianto)

Setelah Anies, penyuka gerakan 212 cenderung memilih dua politikus partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

"Jadi kita bisa melihat mayoritas yang suka terhadap 212 itu memilihnya tiga orang, Prabowo, Anies, Sandi, dengan sebagian besar pilihannya itu justru ke Anies Baswedan," kata Rico.

Survei menunjukkan yang tidak suka dengan gerakan 212 akan cenderung memilih tokoh yang berkoalisi dengan Presiden Jokowi. Mereka menjatuhkan pilihan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca Juga:

PDIP: Tinjauan Anies ke Lokasi Banjir Hanya untuk Selfie

"Sementara yang tidak suka itu mayoritasnya pilih dari calon-calon koalisinya Pak Jokowi ya. Ganjar 16,4 persen, kemudian ke Prabowo 14,5 dan Ridwan kamil 9,7, persen," ujar Rico.

Survei sendiri melibatkan sebanyak 1.200 responden yang tersebar dari 33 provinsi di Indonesia. Responden dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling.

Survei dilakukan pada pekan pertama hingga kedua Februari. Survei memiliki margin of error sebesar 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. (Knu)

Baca Juga:

Pengamat Prediksi Banjir Jakarta Akan Tenggelamkan Elektabilitas Anies


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH