Survei Median: Muhaimin Berpeluang Besar Dampingi Jokowi Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (ANTARA FOTO/Dodo Karundeng)

MerahPutih.com - Pengamat politik dari lembaga survei Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun menilai peluang Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar mendampingi Joko Widodo (Jokowi) dalam Pemilihan Presiden 2019 lebih besar dibanding tokoh partai politik lainnya.

"Elektabilitas Cak Imin di atas Puan Maharani, Surya Paloh, Wiranto, dan Romahurmuziy," kata Rico di Jakarta, Minggu (15/7).

Menurut dia, Muhaimin mempunyai modal kuat untuk mendampingi Jokowi. Statusnya sebagai kader Nahdlatul Ulama (NU) menjadi "senjata" untuk mendulang suara pemilih.

Caption

"NU secara kuantitas memang diperlukan untuk menambah kekuatan elektoral," ujar mantan ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia itu sebagaimana dilansir Antara.

Muhaimin, lanjut Rico, juga dikenal publik sebagai tokoh yang mengedepankan Islam moderat, modal yang menguntungkan untuk memaksimalkan suara dari pemilih Islam.

"Islam moderat secara ideologi memang diperlukan untuk masuk dalam gelombang Islam politik," ucap Rico.

Menurut Rico saat ini memang terjadi persaingan di antara tokoh parpol anggota koalisi untuk menjadi cawapres pendamping Jokowi.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kedua kanan). (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kedua kanan). (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

"Maka tak heran ada partai-partai yang sibuk berusaha menggeser posisi politikus berjuluk Panglima Santri itu," ujarnya.

Presiden Jokowi saat meninjau persiapan Asian Games 2018 di Jakabaring Sport Center, Palembang, Sabtu (14/7), menyebut Muhaimin Iskandar sebagai salah satu kandidat cawapres yang ada di kantongnya. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH