Survei Median: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Tergerus

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 22 Februari 2018
Survei Median: Elektabilitas Jokowi dan Prabowo Tergerus
Direktur Median Rico Marbun. Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.com - Media Survei Nasional (Median) merilis hasil riset terkait elektabiltas Jokowi dan Prabowo Subianto. Dari hasil survei, Jokowi memperoleh elektabilitas sebesar 35 persen sementara Prabowo 21,2 persen.

Direktur Median Rico Marbun menjelaskan, perolehan elektabiltas kedua capres ini mengalami penurunan tipis jika dibandingkan survei tiga bulan lalu.

"Dibandingkan hasil survei Oktober 2017 Elektabilitas Jokowi turun sekitar 1 persen sementara Prabowo turun 2 persen," kata Rico saat gelar hasil rilis bertajuk 'Lampu Kuning Untuk Jokowi dan Pergerakan Suara Para Penantang' di Bilangan Cikini Jakarta Pusat, Kamis (22/2).

Menurut Rico, tergerusnya suara Jokowi dikarenakan beberapa alasan, diantaranya adalah kondisi ekonomi yang dinilai memberatkan rakyat.

"Kebijakan ekonomi, seperti kenaikan harga sembako dan tarif dasar Listrik menjadi masalah yang paling meresahkan," kata dia.

Persoalan ini kata dia, ikut mengaburkan prestasi Jokowi yang dinilai gencar melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah.

Selain itu, terkikisnya suara kedua capres ini adalah meningkatnya elektabilitas pendatang baru. Responden menilai sejumlah tokoh pendatang baru memiliki kans bagus untuk menandingi kedua calon tersebut.

Anies Baswedan, Gatot Nurmantyo dan Agus Harimurti Yudhoyono disebut menjadi kandidat dengan elektabilitas yang kian meningkat.

"Hasil survei menemukan bahwa ketiga tokoh ini mengalami peningkatan elektabilitas waktu ke waktu," kata Rico.

Perolehan Elektabilitas Gatot di Februari ini sebesar 5,5 persen meningkat dari tiga bulan lalu yang hanya 2,8 persen. Begitu juga Anies dan AHY yang mengalami peningkatan sekitar satu persen.

"Artinya, lampu kuning buat Jokowi karena belum mampu meningkatkan elektabilitas hingga 50 persen jelang pilpres mendatang," tandas dia.

Sedikit informasi, survei Median digelar sejak 1-9 Februari 2018, dengan jumlah responden 1000 orang yang tersebar di 34 provinsi.

Menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Fdi)

#Hasil Survei #Presiden Jokowi #Prabowo Subianto
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan