Survei LJSI: La Nyalla Sosok Alternatif di Pilgub Jatim La Nyalla Mattalitti sedang memberikan keterangan persnya (Foto: Twitter @LaNyallaMM1)

MerahPutih.Com - Lembaga Jaringan Suara Indonesia (LJSI) untuk kedua kalinya menggelar survei, menakar keterpilihan para tokoh yang diprediksi menjadi bakal calon Gubernur di Jawa Timur (Jawa Timur).

Sejumlah nama yang masuk dalam radar survei adalah Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) dan La Nyalla Mattalitti.

Direktur LJSI Fahrurizal Fan mengatakan, jalannya Pilkada Jatim diprediksi menarik dengan adanya sosok Khofifah dan Gus Ipul. Keduanya merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU); sebuah organisasi masyarakat yang memiliki basis massa terbesar di Jatim.

“Secara otomatis keduanya akan berebut suara dari warga Nahdhiyin,” kata Fahrurizal dalam siaran pers yang diterima wartawan, Minggu, (15/10).

Dengan kondisi ini, muncul sosok alternatif yang juga di inginkan oleh warga Jatim, yakni La Nyalla. Menariknya, dari sisi kompetensi para tokoh, nama La Nyalla dipilih oleh 88,6% masyarakat dan dianggap bisa menyelesaikan masalah-masalah di Jatim.

“La Nyalla dianggap mampu menyelesaikan masalah, terutama pada perbaikan ekonomi masyarakat, iklim investasi di Jatim serta masalah peningkatan sektor pertanian dengan segudang pengalaman sebagai pengusaha dan pembina ormas,” tambah dia.

Pada urutan kedua baru muncul nama Gus Ipul yang dipilih oleh 71,6%, Tri Rismaharini 68,9%,Khofifah Indar Parawansa 68,7%, Abdullah Azwar Anas 67,6%, Nurwiyatno 66,3%.

Sisi kompetensi rupanya berbanding lurus dengan tingkat penerimaan masyarakat atau akseptabilitas terhadap La Nyalla. Terbukti, sebanyak 86,4% masyarakat Jatim menerima dia, sedangkan Gus Ipul hanya 67,5%, Tri Rismaharini 65,7%, Khofifah 65,4%, Nurwiyatno 56,5%.

Tingkat kompentensi dan akseptabilitas para tokoh tersebut, pada akhirnya ketika responden ditanyakan siapa yang akan bapak/ibu pilih saat pemilihan gubernur? Maka data survei menjawab 28,2% memilih La Nyalla, 21,7% Memilih Syaifullah Yusuf, Tri Rismaharini 15,8% dan Khofifah Indar Parawansa 14,1%.

Survei ini digelar pada 28 September hingga 8 Oktober 2017 dengan mengusung tema "Siapa Tokoh Yang Dipilih sebagai Gubernur Jawa Timur 2018-2023.” Survei ini diadakan di 29 Kabupaten/9 Kota dengan metode wawancara tatap muka langsung dengan warga Jatim yang memiliki hak pilih pada Pilgub, Juni 2018.

Sampel responden dipilih secara acak dengan metode multistage random sampling, sementara margin of error survei kurang lebih sebesar 2,3% dengan tingkat kepercayaannya sebesar 95 persen.(Pon)

Kredit : ponco


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH