Survei: Kalahkan Risma, Elektabilitas Anies di Pilgub DKI 42,5 Persen

Zulfikar SyZulfikar Sy - Senin, 15 Februari 2021
Survei: Kalahkan Risma, Elektabilitas Anies di Pilgub DKI 42,5 Persen
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) saat peluncuran Logo Jakarta Bermasker, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp

MerahPutih.com - Lembaga Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei persaingan ketat perebutan kursi jabatan calon gubernur (cagub) DKI Jakarta. Anies Baswedan berada paling puncak di antara 15 nama yang disodorkan.

Pilkada DKI selanjutnya, Anies Baswedan memperoleh elektabilitas sebanyak 42,5 persen sebagai cagub DKI. Hasil tersebut didapati survei Median dari 31 Januari hingga 3 Februari 2021.

"Jika pemilihan gubernur dilakukan saat ini siapakah yang akan anda pilih? 42,5 persen responden menjawab Anies Baswedan," kata Direktur Median Ade Irfan Abdurahman saat konferensi pers melalui virtual, Senin (15/2).

Baca Juga:

PKB Nilai Glorifikasi Prestasi Anies Kurang Elok

Kemudian di posisi kedua ada politisi PDI Perjuangan yang juga sebagai Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dengan memiliki elektabilitas di bawah Anies Baswedan, yakni 23,5 persen.

Risma masuk kandidat survei Median lantaran namanya santer dan digadang-gadang akan maju pada Pilgub DKI Jakarta mendatang.

Dalam survei elektabilitas tersebut, terdapat pula nama-nama yang mengekor Anies Baswedan, di antaranya adalah Sandiaga Uno dengan 5,5 persen, lalu ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan 35 persen, bahkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dengan 2,0 persen.

Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini saat blusukan di kawasan Tol Panjang Gedong Pluit, Jakarta. ANTARA/HO-Aspri
Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini saat blusukan di kawasan Tol Panjang Gedong Pluit, Jakarta. ANTARA/HO-Aspri

Meski elektabilitas Risma masih di bawah Anies, namun Ade menyebutkan bahwa tren elektabilitas Mensos tersebut mengalami kenaikan dari 4,2 persen pada survei yang dilakukan pada Juli 2020, kini menjadi 23,5 persen.

"Tren elektabilitas menunjukkan elektabilitas Tri Rismaharini naik tajam," ungkapnya.

Baca Juga:

Imlek 2021, Anies Harap Warga Tionghoa Makin Sukses dan Berhasil

Adapun Ade menuturkan, total koresponden dalam survei ini sebanyak 502 orang. Dengan margin of error sebesar lebih kurang 4,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

"Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi dan gender," pungkasnya. (Asp)

Baca Juga:

[Hoaks atau Fakta]: SBY Restui Anies Maju RI 1

#RUU Pemilu #Anies Baswedan #Gubernur DKI Jakarta #Tri Rismaharini
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan