Survei INES: Eddy KA Berutu Berpeluang Pimpin Dairi Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani)

MerahPutih.com - Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, menjadi salah satu wilayah yang akan menyemarakkan ajang Pilkada Serentak 2018 mendatang. Uniknya, masyarakat Dairi sudah menolak adanya politik dinasti di wilayahnya.

Setidaknya, hal itu bila mengacu pada survei yang dilakukan INES pada 22 November-1 Desember 2017‎.

Pasalnya, dalam enam nama ‎yang digadang-gadang bakal maju mengikuti Pilkada Dairi, warga tak begitu menyukai Depriwanto Sitohang yang notabene anak dari Bupati Dairi saat ini, KRA Johnny Sitohang. Nama Depriwanto itu tertinggal dari Eddi Kelleng Ate Berutu yang menempati top survei kali ini.

Direktur Eksekutif INES Chaeeudin Affan ‎menuturkan, ketika responden ditanyakan tentang siapakah tokoh yang paling bisa diterima masyarakat, secara mengejutkan Eddy KA Berutu muncul sebagai tokoh yang paling bisa diterima oleh semua kalangan masyarakat Kabupaten Dairi dengan 76,4 persen responden.

‎"Selanjutnya nama Parlindungan Sinaga dengan 61,2 persen responden, disusul Depriwanto Sitohang dengan 57,4 persen responden. Bukit Tambunan 56,2 persen responden, Sabar Panggabean 54,1 persen, Nikson Silalahi dengan 52,4 persen responden," ujar Affan melalui keterangan pers yang diterima wartawan, Kamis (7/12) malam.

Sementara itu, lanjut dia, jika Pilkada diadakan pada hari ini, maka Eddi dipastikan akan menjadi pemenangnya dengan perolehan 37,2 persen suara responden. Sedangkan, Depriwanto hanya memperoleh 20,7 persen.

Sementara nama-nama lain yakni Parlindungan Sinaga 11,8 perrsen. Kemudian Bukit Tambunan 9,4 persen, Nikson Silalahi 4,1 persen dan Sabar Panggabean 6,2 persen dengan 0,6 persen sisanya belum menentukan pilihan.

‎"Hal ini disebabkan masyarakat Dairi ingin ada tokoh baru yang bisa membawa perubahan bagi kehidupan ekonomi masyarakat Dairi," tuturnya.

Dalam survei kali ini, INES melibatkan 1.220 responden warga Dairi. Pengambilan sampel mengunakan metode multistage random sampling yang tersebar secara proposional di 10 kecamatan di Kabupaten Dair‎i pada 22-November-1 Desember 2017‎ dengan margin of error +/- 2.8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Pon)

Baca juga berita lainnya tentang survei pilkada dalam artikel: Survei LSI: Buwas Calon Potensial di Pilgub Jateng

Kredit : ponco

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH