Survei Indo Barometer: Jokowi Kembali Benamkan Prabowo Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berfoto bersama dengan moderator usai mengikuti debat capres putaran keempat (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

MerahPutih.com - Capres dan Cawapres nomor urut 02, Joko Widodo-Ma'ruf Amin kembali mengungguli lawannya di pilpres 2019, pasangan calon (paslon) nomor urut 02, Prabowo-Sandi dalam hasil survei.

Teranyar, survei Indo Barometer yang dilakukan pada 15-21 Maret 2019 mengungkapkan bahwa Jokowi-Amin mendapatkan suara 50,8 persen. Sementara, Prabowo-Sandi hanya mendapatkan elektabilitas 32 persen.

Tak hanya dalam hal berpasangan saja, Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto mengatakan, jika kedua capres bertarung satu lawan satu, paslon nomor urut 01 juga unggul.

Duo Paslon Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. (Foto/ANTARA)
Duo Paslon Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. (Foto/ANTARA)

"Jokowi mendapatkan suara 52,1 persen dan Prabowo 31,8 persen. Lalu, Ma'ruf Amin elektabilitasnya 46,3 persen dan Sandiaga Uno 33,8 persen," kata Hadi di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/4).

Hadi melanjutkan, mayoritas publik atau masyarakat Indonesia sebanyak 64,4 persen merasa puas dengan kinerja Jokowi. Sedangkan yang tak puas 31,6 persen saja.

"Nah, 74,1 persen pemilih yang tak puas cenderung memilih Prabowo-Sandi," ungkap Hadi.

Survei tersebut juga menyebutkan bahwa Jokowi juga dipuji masyarakat dari segi kepribadian. Ia dianggap sebagai sosok yang berpengalaman, perhatian atau dekat dengan rakyat, pintar, mampu memimpin, Islami, dan jujur.

"Kalau Prabowo hanya unggul di segmentasi berwibawa dan tegas," imbuh Hadi.

Hasil yang unik keluar dari Cawapres. Dalam survei tersebut Sandi Uno unggul dibanding Ma'ruf Amin. Sandi unggul dari segi kepintaran, perhatian, berpengalaman, tegas, dan mampu memimpin. "Ma'ruf hanya unggul di tipe jujur dan Islami," jelas Hadi.

Untuk diketahui, jumlah sampel pada survei sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error sebesar 2,83%, pada tingkat kepercayaan 95%. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner, serta responden survei adalah warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih. (Knu)

Baca Juga: Kalah dalam Sejumlah Survei Pilpres, Sandi: 30 Hari Terakhir Kami akan Kerja Keras



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH