Pilpres 2019

Survei Indo Barometer: Ada Tiga Tokoh yang Berpotensi Jadi King Maker

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 15 Februari 2018
Survei Indo Barometer: Ada Tiga Tokoh yang Berpotensi Jadi King Maker
Indo Barometer merilis hasil survei terkait situasi politik jelang Pilpres 2019 bertajuk "Dinamika Pilpres 2019: Tiga Skenario Pilpres 2019, Siapa Kuda Hitam?" di Hotel Century Park. Foto: MP/Fadhli

MerahPutih.com - Indo Barometer merilis hasil survei terkait situasi politik jelang Pilpres 2019 bertajuk "Dinamika Pilpres 2019: Tiga Skenario Pilpres 2019, Siapa Kuda Hitam?" di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Kamis (15/2).

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari memprediksi ada tiga skenario yang kemungkinan terjadi di Pilpres 2019 mendatang, salah satunya skenario King Maker.

"Skenario ini akan terjadi, jika aspirasi para king maker tidak terpenuhi. Siapa mereka? Megawati, SBY dan JK," kata Qodari saat merilis hasil surveinya.

Menurutnya, tokoh-tokoh ini berpotensi menjadi king maker karena punya pengaruh dan basis massa yang kuat.

"Kenapa bu Mega, karena Mega Ketum PDIP, kursinya 109 sama dengan 19 persen. Jadi PDIP tinggal menggandeng salah satu partai saja misal Hanura. Jadi itu pasangan sendiri," terang dia.

Selanjutnya ada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Selain pernah menjabat Presiden dua periode, SBY juga dinilai sangat berpengaruh di dalam partainya.

"Kenapa SBY? Karena ketum PD kursinya 61 sama dengan 11 persen. SBY tinggal gandeng dua partai menengah, katakanlah PAN dan PKB. Jadi itu satu pasangan," ujarnya.

Dan terakhir, Jusuf Kalla. Meski bukan berposisi sebagai Ketum Partai, JK dinilai dapat mempengaruhi konstalasi Pilpres 2019. Sebab, pengalamannya di berbagai organisasi dan kemampuannya dalam melobi cukup diperhitungkan.

"Secara resmi bukan ketua umum partai tetapi ketua DMI. Pak JK dengan senioritasnya dengan lobi politiknya memiliki kemampuan untuk mendorong calon. Beliau kalau telfon ketua umum partai pasti diangkat. Apalagi ketuanya masih muda, junior dia, di HMI lah HIPMI, Kadin lah. Buktinya Pilkada DKI, siapa yang dorong Anis jadi cagub, kalau bukan Pak JK," ucapnya. (Fdi)

Baca juga: Survei Indo Barometer: Jika Jokowi Duet dengan Prabowo, Pilpres Selesai

#Indo Barometer #Pilpres 2019 #Megawati Soekarnoputri #Susilo Bambang Yudhoyono
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan