Survei Indikator: Masyarakat Puas Atas Kinerja Presiden Jokowi

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Rabu, 11 Oktober 2017
Survei Indikator: Masyarakat Puas Atas Kinerja Presiden Jokowi
Survey Indikator memaparkan hasil survey. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Mayoritas masyarakat Indonesia mengaku puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu tercermin dari temuan survei nasional yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia pada 17-24 September 2017.

"Dari sisi kinerja pak Jokowi, responden yang menyatakan sangat puas sebanyak 7,95 persen, menyatakan puas 60,39 persen, kurang puas 27,23 persen, tidak puas sama sekali 2,26persen dan yang tidak menjawab 2,17 persen," kata Direktur Eksekutif Indikator Burhanudin Muhtadi di Kantornya, Jalan Cikini V, Jakarta Pusat, Rabu (11/10).

Burhan dalam paparannya menyatakan, kepuasan atas kinerja Jokowi sebagai presiden tampak mengalami fluktuasi yang cukup besar dalam satu setengah tahun awal pemerintahannya.

Namun, sejak Maret 2016, kepuasan atas kinerja Jokowi secara konsisten mengalami peningkatan, dan dalam setahun terakhir approval rating terhadap Jokowi terlihat stabil.

"Jika pun ada, fluktuasi itu tidak signifikan dan masih dalam rentang error survey," imbuh Dosen UIN Syarif Hidayatullah ini.

Hal senada, sambung Burhan, juga ditunjukkan oleh tingkat kepercayaan publik pada Presiden Jokowi yang dianggap mampu memimpin bangsa ini, sejak Maret 2016 stabil di atas 70 persen.

"Ini sebuah modal psiko-politik penting sebagai dukungan politik pada kepemimpinan nasional terlepas dari banyaknya masalah yang dihadapi bangsa ini," ucapnya.

Politisi PDI Perjuangan Puti Guntur Soekarno yang hadir dalam rilis survei ini menyambut baik hasil survei tersebut. Menurutnya, hasil survei menjadi angin segar bagi pemerintahan Jokowi - JK.

"Kita bisa melihat apa yang dilakukan pak Jokowi adalah pembuktian. Walau ada fluktuasi dan dinamika, tapi hari ini pak Jokowi membuktikan mendapatkan tingkat kepuasan publik yang tinggi," ujar cucu dari Proklamator Bung Karno ini.

Survei dilakukan terhadap 1.220 responden berusia 17 tahun atau sudah menikah di 34 provinsi, pada 17 hingga 24 September 2017, melalui wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,9 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen. (Pon)

Baca juga berita terkait hasil survey dalam artikel berikut: Survey: Elektabilitas Petahana Tergerus, AHY Menyodok

#Survei #Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan