Survei Indikator: Ada Sejumlah Suara Partai Koalisi 01 Dukung Prabowo-Sandi Indikator saat merilis survei Pilpres 2019. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Lembaga Indikator Politik Indonesia (Indikator) merilis hasil survei mengenai pertarungan elektabilitas capres-cawapres di Pilpres 2019. Hasil survei menunjukkan dukungan paslon 01, Jokowi-Maruf masih unggul dari Prabowo-Sandiaga dengan selisih 18 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanudin Muhtadi mengatakan, meski Jokowi menang, namun ada faktor yang unik ditemukan dalam hasil survei, dimana ada sejumlah partai yang mendukung paslon 01 memberikan suara ke pasangan Prabowo-Sandi.

"Ada beberapa partai yang mendukung paslon 01 memberikan dukungan ke 02. Data survei menunjukan, partai Golkar memberikan suara 57 persen ke 01 dan 39 persen 02, partai Nasdem 61,5 persen ke 01 dan 35,3 persen ke 02," kata Burhanudin di kantornya, Jl Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (3/4).

Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berfoto bersama dengan moderator usai mengikuti debat capres putaran keempat (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto berfoto bersama dengan moderator usai mengikuti debat capres putaran keempat (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Kemudian partai PPP, 64 persen basisnya mendukung 01 dan 33,8 persen mendukung 02. Hasil yang terbilang sangat unik terjadi pada partai Perindo, dimana 52,8 persen partainya memilih ke 02 dan 46,6 persen ke 01. "Terlihat bila dalam satu partai basis partai bisa terbagi menjadi dua," jelasnya.

Meski begitu, Burhanudin menegaskan bahwa basis partai politik dalam koalisi 01 masih solid. "Total basis partai koalisi paslon 01 lebih besar ketimbang total basis partai koalisi 02, lebih dari dua kali. Secara umum dari partai koalisi solid mendukung paslon yang diusung," ungkapnya

Survei Indikator Politik Indonesia ini berlangsung pada 22-29 Maret 2019. Populasi survei seluruh warga Indonesia yang memiliki hak pilih dalam Pemilu yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Kemudian ada 1220 responden sebagai sampel basis. Margin of eror dari ukuran sampel tersebut sebesar lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (dengan asumsi simple random sampling).

Lanjut Burhanuddin, responden asli sebesar 88,1 persen dan responden pengganti 11,9 persen. Namun, responden pengganti juga disertakan dalam analisis karena tidak terdapat perbedaan signifikan pada distribusi variabel utama.

"Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah terlatih," tutupnya. (Asp)

Baca Juga: Sandiaga Bocorkan Hasil Survei Internal BPN, Peluang Menang Kian Terbuka

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH