Survei: Elektabilitas PDIP Tertinggi, Disusul Gerindra dan Golkar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 05 Juni 2021
Survei: Elektabilitas PDIP Tertinggi, Disusul Gerindra dan Golkar
Hasil survei Parameter Politik Indonesia terkait elektabilitas partai politik. ANTARA/HO-Survei Parameter Politik Indonesia

MerahPutih.com - Survei lembaga Paramater Politik Indonesia menempatkan PDIP akan menjadi pemenang pemilu jika dilaksanakan pada tahun ini.

Partai berlambang banteng itu memiliki elektabilitas 22,1 persen. Dua kali lipat Partai Gerindra yang berada di urutan kedua dengan 11,9 persen.

"PDIP masih memimpin," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno, dalam rilis survei secara daring, Sabtu (5/6).

Baca Juga:

Survei Capres 2024, Ganjar Pranowo Lewati Elektabilitas Anies dan Pepet Prabowo

Di tempat ketiga, ada Partai Golkar dengan raihan 10,8 persen. Lalu disusul oleh Partai Demokrat dengan 8,4 persen, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 8,2 persen.

Selanjutnya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan raihan 7,5 persen, lalu Nasdem di angka 5 persen, Partai Amanat Nasional (PAN) 4,3 persen, dan terakhir Partai Persatuan Pembangunan di angka 3,5 persen.

Dengan asumsi ambang batas parlemen (parlementary threshold) tetap 4 persen, ada beberapa partai berada di bawah angka tersebut.

Yakni PPP (3,5 persen), PSI (1,6 persen), serta Perindo (1,5 persen).

Megawati Soekarnoputri saat pengarahan kepada calon kepala daerah usungan PDIP. (Foto: MP/Tim Media PDIP)
Megawati Soekarnoputri saat pengarahan kepada calon kepala daerah usungan PDIP. (Foto: MP/Tim Media PDIP)


Selanjutnya partai dengan persentase di bawah satu persen ada Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai Gelora, Partai Ummat, PBB dan PKPI.

Termasuk, sebanyak 12,9 persen responden belum menentukan pilihan.

Menurut Adi Prayitno, angka-angka yang dirilis Parameter Politik Indonesia diyakini akan tetap stabil hingga gelaran Pemilu Serentak (Pileg dan Pilpres) 2024.

“Jumlah persentase yang relatif stabil, kemungkinan besar jika tidak ada kejadian politik luar biasa, partai-partai ini yang akan lolos ke parlemen,” ucapnya.

Baca Juga:

PDIP dan Gerindra Berpeluang Koalisi di Pemilu 2024

Paremeter Politik Indonesia melakukan survei pada 23-28 Mei 2021.

Dengan sampel sebanyak 1.200 responden yang diambil dengan menggunakan metode simple random sampling dari 6 ribu nomor HP yang sudah dipilih secara acak.

Adapun margin of error survei sebesar plus minus 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Knu)

Baca Juga:

Politikus Gerindra Ungkap "Gurita" Alutsista yang Siap Serang Prabowo & Jokowi

#PDIP #Gerindra #Pemilu
Bagikan
Bagikan