Survei CSIS: Kepuasan Terhadap Pemerintahan Jokowi Terus Meningkat Peneliti Centre For Strategic And Internasional Studies (CSIS), Arya Fernandes (Foto: MP/Fadli)

MerahPutih.com - Hasil Riset Centre For Strategic And Internasional Studies (CSIS) membuktikan bahwa kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla terus meningkat.

Kenaikan tersebut terjadi karena keberhasilan pemerintah dalam menggenjot sejumlah sektor, terutama pembangunan infrastruktur.

Peneliti CSIS, Arya Fernandes menilai dari tahun ke tahun selama pemerintahan Jokowi, kepuasan publik mengalami peningkatan signifikan.

"Berdasarkan data survei, kepuasan terhadap pemerintah mengalami kenaikan dari 50,6 persen pada 2015, menjadi 66,5 persen 2016 dan 68,3 persen pada 2017," ujarnya saat menggelar hasil survei di Gedung Pakarti, Jakarta Pusat, Selasa (12/9).

Arya menjelaskan, selain faktor pertumbuhan pembangunan infrastruktur, bidang kemaritiman juga memberikan sumbangan besar bagi tergenjotnya kepuasan publik terhadap pemerintah.

"Bidang kemaritiman juga memberikan sumbangan bagi kepuasan publik terutama dalam hal pembangunan tol laut, maritim dan lain-lain," terangnya.

Meskipun secara umum persepsi publik terhadap pemerintahan Jokowi mengalami peningkatan, namun dari sisi ekonomi masih stagnan.

"Dari sisi ekonomi, bila dibandingkan dengan lima tahun lalu kondisinya perekonomian masyarakat dan Indonesia relatif tidak mengalami perubahan," imbuhnya.

Sedikit informasi, survei CSIS digelar pada 23 sampai 30 Agustus 2017. Menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sekitar 1000 orang yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia, tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error sebesar 3,1 persen. (Fdi)

Baca juga berita terkait hasil survei CSIS di: Survei CSIS: Masyarakat Puas Atas Kinerja Kerja Jokowi-JK



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH