Survei Charta Politika: PSI Berpeluang Lolos ke Parlemen Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia Grace Natalie. Merahputih.com/Rizki Fitrianto.

MerahPutih.com - Hasil survei Charta Politika Indonesia menunjukkan terdapat empat partai yang elektabilitasnya masih di bawah empat persen. Keempat partai itu yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Perindo.

Direktur Riset Charta Politika Muslimin menjelaskan hitungan kasat mata, keempat partai itu terancam tidak lolos ke parlemen lantaran belum memenuhi syarat 4 persen Parlementary Treshold (PT).

Direktur Riset Charta Politika Muslimin sedang memaparkan hasil survei terhadap partai politik di Pemilu 2019 (MP/Ponco Sulaksono)
Direktur Riset Charta Politika Muslimin sedang memaparkan hasil survei terhadap partai politik di Pemilu 2019 (MP/Ponco Sulaksono)

Meskipun demikian, Muslimin menegaskan keempat partai itu masih berpeluang lolos ke parlemen. Sebab, survei Charta Politika memiliki margin of error sekitar 2,19 persen.

"Kalau dilihat, empat partai ini, punya kesempatan lolos karena terdapat margin of error," kata Muslimin saat memaparkan rilis survei lembaganya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

BACA JUGA

PSI Beri Raport Merah kepada DPRD DKI Jakarta

Diawali Salat Subuh Berjamaah, Kampanye Akbar Prabowo-Sandi di GBK akan Dihadiri 1 Juta Orang

Cegah Angka Golput, Jeunne & Raccord bakal Gelar Gerakan ' Ayo Memilih'

Muslimin lantas mencontohkan, hasil survei Charta Politika menunjukkan elektabilitas PSI 2,2 persen. Namun, di sisi lain elektabilitas PSI bisa melonjak ketika diakumulasikan dengan margin of error 2,19 persen.

"Artinya kalau dari sisi margin of error, PSI kemudian bisa saja angkanya 4 persenan," jelas dia.

Selain margin of error, survei ini memiliki undecided voters sebesar 11 persen. Keempat partai ini harus mampu menggaet undecided voters untuk meningkatkan suara.

"Ada kecenderungan empat partai ini lolos. Kemudian ada juga undecided voters sebelas persen. Saya kira empat partai ini punya peluang lolos dengan catatan partai ini mampu mengambil sisa suara," tandasnya.

Berdasarkan hasil survei Charta Politika PDIP memiliki elektabilitas tertinggi dengan 25,3 persen. Gerindra berada di posisi kedua dengan 16,2 persen. Sedangkan Golkar berada di posisi ketiga dengan 11,3 persen.

Berturut-turut berada di posisi keempat sampai ketujuh yakni PKB (8,5 persen), Demokrat (5,2 persen), Nasdem (5,2 persen), dan PKS (5 persen).

PSI
Partai Solidaritas Indonesia

Selanjutnya terdapat partai dibawah empat persen yakni PAN (3,3 persen), PPP (2,4 persen), PSI (2,2 persen) dan Perindo (2 persen). Kemudian terdapat lima partai dengan elektabilitas terendah yakni Hanura (1,0 persen), PBB (0,5 persen), PKPI (0,2 persen), Partai Garuda (0,2 persen), Partai Berkarya (0,1 persen).

Survei nasional Charta Politika dilakukan pada 19-25 Maret 2019 dengan melibatkan 2000 responden yang tersebar di 34 Provinsi. Sampel ditarik secara multistage random sampling dengan margin of error 2,19 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Pon)

Kredit : ponco


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH