Kalimantan Barat, Daerah Seribu Sungai
Surga Tersembunyi Pencinta Hiking di Kalbar, Hutan Sakral Sampai Lautan Awan Wisata petualangan mendaki bukit di Kalimantan Barat. Foto: www.tempat.me

KAMU yang gemar traveling khususnya hiking, petualangan mengeksplor kawasan perbukitan memiliki sensasi tersendiri. Udara segar bebas polusi dan keindahan alam yang masih asli menjadikan perjuanganmu selama proses pendakian menjadi tidak sia-sia.

Untuk mendapatkan pengalaman tak terlupakan itu memang dibutuhkan persiapan fisik yang matang dan kedisiplinan tinggi. Namun, semuanya bakal lunas terbayar ketika kamu menghirup tarikan nafas panjang begitu sampai di puncak. Apalagi jika kawasan itu termasuk masih jarang terjamah orang dan memiliki panorama indah luar biasa untuk dipajang di akun media sosialmu.

Tak banyak orang yang tahu Kalimantan Barat menyimpan banyak perbukitan dengan keindahan lanskap tak terkira untuk memuaskan dahagamu berhiking ria. Traveler lokal Rony Afina, sebagaimana dilansir dari laman tempat.me, mengisahkan lima spot hiking penuh tantangan seru yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke provinsi di barat Pulau Borneo itu.

1. Bukit Tilung, petualang seru menembus hutan sakral

Bukit Tilung. Foto:www.tempat.me

Panorama alam luar biasa langsung menyambutmu begitu memulai perjalanan ke puncak Bukit Tilung. Petualangan dimulai dari menyusuri Sungai Raun menggunakan perahu motor membelah perairan yang diapit hutan hujan tropis di kanan-kiri. Suasana eksotik asli pedalaman Kalimantan begitu terasa saat menerobos hutan yang lebat yang kaya ekosistem alami daerah katulistiwa.

Petualangan di atas perahu motor berakhir ketika memasuki Desa Nanga Raun atau Dusun Tilung, dua desa di kaki bukit. Kaki Bukit Tilung juga memiliki banyak air terjun yang begitu indah serta goa-goa yang nyaris tidak terjamah manusia. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan pemandu dari kedua desa terdekat untuk mencapai puncak karena bukit ini dipercaya sebagai tempat sakral berkumpulnya arwah nenek moyang Suku Dayak.

Menyurusi sungai menembus hutan hujan tropis Kalbar. Foto: www.tempat.me

Bukit yang berbentuk seperti lesung ini memiliki tinggi sekitar 1100 mdpl dan memiliki medan yang cukup berat. Tak jarang kamu harus menemui trek yang terjal dan sedikit mendaki, ataupun menerobos belukar. Semua perjuangan itu takkan ada artinya dengan keindahan latar belakang hijau hutan tropis di puncak bukit.

Makin top lagi jika kamu sampai di puncak saat matahari terbenam, sorotan cahaya kuning senja yang bakal menghasilkan foto yang pasti membuat iri teman-teman di sosial media. Bukit Tilung ini berada di Desa Nanga Raun, Kecamatan Kalis, tepatnya di Dusun Tilung, Kalimantan Barat.

2. Bukit Semujan, spot terbaik menikmati keindahan Danau Sentarum

Puncak Bukit Semujan dengan latar belakang Danau Sentarum. Foto: www.tempat.me

Swafoto di atas bukit dengan latar belakang keindahan Danau Sentarum Kalbar. Itu yang bakal kamu dapat ketika hiking ke puncak Bukit Semujan di dalam kawasan Taman Nasional Danau Sentarum. Rasakan dunia yang terasa begitu bebas sambil menikmati keindahan luasnya Danau Sentarum yang berpadu dengan hutan hijau asri di pinggirnya.

Puncak Bukit Semujan memiliki banyak batu berukuran besar yang bisa menjadi spot terbaik untuk menghasilkan kualitas foto terbaikmu di medsos. Hanya wajib tetap dingat untuk selalu berhati-hati saat asik berfoto jangan sampai tergelincir. Momen jeprat-jepretmu akan semakin istimewa jika sempat berkemping di sana semalam untuk menunggu keindahan matahari terbit yang bersinar di balik Bukit Semujan keesokan paginya.

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Prosesi Wisuda Sekolah di Fase New Normal
Indonesiaku
Prosesi Wisuda Sekolah di Fase New Normal

Pelaksanaan wisuda secara drive thru ditengah pandemi COVID-19 telah menyesuaikan peraturan Pemerintah

Nanti Kita Cerita Taman Hutan 'Impian' Bukit Soeharto
Indonesiaku
Nanti Kita Cerita Taman Hutan 'Impian' Bukit Soeharto

BELUM begitu ajek alasan mengapa Taman Hutan Raya di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, bernama Bukit Soeharto.

Menikmati Alam Perdesaan di Kampung Budaya Pandanwangi
Travel
Menikmati Alam Perdesaan di Kampung Budaya Pandanwangi

Berada di Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, Jawa Barat.

Mata Langit, Wisata Alam dengan Konsep Kekinian
Travel
Mata Langit, Wisata Alam dengan Konsep Kekinian

Konsep yang disediakan pengelola di Mata Langit cukup unik.

Membongkar Klaim Raden Patah Orang Tionghoa
Indonesiaku
Membongkar Klaim Raden Patah Orang Tionghoa

Dalam buku tersebut, Muljana, doktor bidang sejarah dan filologi Universitas Louvain, Belgia, menera sebagian Wali Songo dan Raden Patah berdarah Tionghoa.

Pink Ice Cream Wisata Anyar di Kota Cirebon
Travel
Pink Ice Cream Wisata Anyar di Kota Cirebon

berbagai jenis replika es krim ataupun kue berbagai ukuran di tiap ruangannya.

Indahnya Pantai Gili Putih yang Menarik Banyak Perhatian Wisatawan
Travel
Indahnya Pantai Gili Putih yang Menarik Banyak Perhatian Wisatawan

Bali terkenal dengan pantainya yang indah. Namun, apa kamu sudah mendengar tetang Gili Putih?

Menu Olahan Daging Inspirasi Masak di Hari Raya Idul Adha
Kuliner
Menu Olahan Daging Inspirasi Masak di Hari Raya Idul Adha

Nah, kamu mungkin bisa masak sendiri di rumah beberapa masakan olahan daging di bawah ini.

Kaladama, Tahu Gejrot ala Cirebon Timur
Kuliner
Bertahan ala Kupu-Kupu Malam
Tradisi
Bertahan ala Kupu-Kupu Malam

Ketika krisis global memperdalam, pekerja seks semakin dihadapkan dengan pilihan sulit