Surga Seafood di Kota Pohang, Destinasi Favorit di Pesisir Korea Pemandangan salah satu jalanan di pesisi Kota Pohang. (Foto: istyle.id)

KOREA terkenal sebagai destinasi wisata dunia. Tak hanya terkenal dengan wisata kota dan alamnya, 'Negeri Ginseng' juga merupakan salah satu tujuan wisata kuliner. Ada banyak ragam sajian khas Korea, bahkan menjadi primadona di negeri-negeri lain.

Nah, buat kamu yang akan menghabiskan liburan tahun baru di Korea, tak ada salahnya mampir ke Kota Pohang. Di sana terdapat berjenis-jenis sajian seafood. Pohang merupakan kota di pinggir laut ke arah tenggara Ibu Kota Seoul, 140 km dari Busan.

Pohang memang tak seterkenal kota-kota wisata lain di Korea. Mungkin kamu hanya mengenal tempat-tempat pariwisata yang telah tersebar luas di media sosial, seperti N Seoul Tower, Nami Island, Mountain Seorak, Busan, dan lain lain.


1. Kota di tepi laut

Sudut Kota Pohang dengan mobil-mobil terparkir. (Foto: istyle.id)
Sudut Kota Pohang dengan mobil-mobil terparkir. (Foto: istyle.id)

Pohang terletak di tepi laut, jadi banyak sajian seafood yang segar. Dikarenakan bukan merupakan tempat wisata utama, maka harga makanannya juga tidak semahal di Busan. Makanan yang terkenal di Pohang didominasi dengan sashimi alias ikan mentah dan juga mulhwe yaitu ikan mentah yang dikasih bumbu dan dicampur dengan sayur-sayuran.

Di Pohang kalian bisa menemukan ikan yang benar-benar segar kemudian siap dihidangkan ke tamu. Untuk harganya dibagi dalam 3 jenis porsi. Porsi kecil seharga 50 ribu won (Rp 651.355), porsi sedang 70 ribu won, dan porsi besar 80 ribu won. Harga yang kamu bayarkan sangat layak untuk dihidangkan dengan kualitas fresh dan porsi yang cukup besar.

2. Isi hidangan seafood di Pohang

Hidangan makanan laut di Kota Pohang. (Foto: istyle.id)
Hidangan makanan laut di Kota Pohang. (Foto: istyle.id)

Isi dari hidangan ikan per posinya tidak hanya terdiri dari sepiring irisan ikan segar, tapi juga sudah termasuk sup ikan yang dimasak dengan sisa tulang dari irisan sashimi yang kamu pesan. Jika kamu datang berdua, porsi ukuran sedang cocok untuk kalian. Tanpa nasi pun sudah kenyang.

Selanjutnya, menu lain ialah mulhwe. Kalau kamu belum terlalu kebayang plating dari mulhwe ini, kalian bisa membayangkan bibimbap tetapi nasinya diganti dengan irisan ikan segar dan ditambah sedikit mie putih di dalamnya. Seperti itulah juga rasa mulhwe di Pohang. Cukup segar dan sangat cocok dihidangkan disaat musim panas. Harga seporsinya adalah 8,000 won.

3. Pohang sebagai tempat wisata pantai

Laut di Kota Pohang. (Foto: istyle.id)
Laut di Kota Pohang. (Foto: istyle.id)

Tempat wisata di kota Pohang mayoritas adalah pantai karena Pohang merupakan kota kecil dan dikelilingi laut. Mungkin bagi anak Indonesia pantai sudah terlalu biasa, namun yang membedakan dengan pantai di Pohang adalah banyak orang yang datang untuk menangkap ikan atau mengambil hasil laut. Maka itu kita bisa menemukan orang-orang memakai pakaian selam bahkan orang-orang yang sudah berumur pun masih menyelam di Pohang.

Buat kamu yang suka makan ikan mentah atau sashimi, Pohang bisa menjadi destinasi yang pas untuk dieksplorasi. Tips bagi kalian yang tidak ingin stay di Pohang lebih baik menyewa mobil saja untuk memudahkan kalian berpindah dari rute wisata yang satu ke tujuan lainnya. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Sate Galunggung, Si Primadona Pantai Pangandaran



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH