Surga Pencinta Durian, Wisata Kebun Durian Ini Lagi Ngetren di Garut Buah durian yang tak dapat ditolak orang. (Foto: Pixabay/bluebeens)

MENIKMATI durian di kebunnya langsung merupakan surga bagi para pencinta raja buah ini. Selain kesegarannya, menikmati langsung buah yang matang di atas pohon memiliki rasa lebih enak dibanding dengan buah peraman.

Di beberapa daerah, wisata kebuh buah durian tengah populer. Pengunjung atau penikmat durian bisa langsung datang ke kebun, memilih buah langsung, atau menunggu durian jatuhan yang matang di pohon.

Nah, salah satu kebuh durian yang tengah ngtren yaitu wisata kebun durian Garut. Selain menikmati durian, kamu bisa menambah pengetahuan tentang segala hal tentang buah berduri ini kepada petani.

1. Jaminan rasa dan harga jadi daya tarik wisata kebun durian

Durian. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)
Kebun durian diminati karena rasanya terjamin. (Foto: Pixabay/PublicDomainPictures)

Tempat wisata kebun durian terletak di Kampung Kuyamut, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Para pengunjung dapat memetik langsung buah durian dari pohonnya dengan harga jual lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

"Saya baru tahu ada kebun durian di Garut, kualitasnya (durian) bagus," kata wisatawan lokal Heri Faisal, saat mengunjungi wisata kebun durian di Kampung Kuyamut, dikutip Antara.

Buah durian yang ditawarkan langsung oleh petani tersebut memiliki rasa lebih enak dan segar dibandingkan dengan durian di daerah lain. Tak heran wisata kebun durian ini semakin lama semakin terkenal.

"Saya biasa membeli durian ke luar kota, kualitasnya sama baiknya, bahkan ini lebih baik dari daerah lain, lebih segar karena dipetik langsung dari pohonnya," kata Heri.


2. Mengangkat durian lokal di kalangan wisatawan

DI kebun durian kamu bisa mencicipi langsung buah yang jatuh karena matang. (Foto: Pixabay/SpencerWing)
Di kebun durian kamu bisa mencicipi langsung buah yang jatuh karena matang. (Foto: Pixabay/SpencerWing)

Pengunjung kebun durian lain dari Bandung Iwan Cahyadi brcerita, ia sengaja mampir ke kebun durian untuk menikmati langsung buah durian segar yang baru dipanen dari pohonnya.

Wisata kebun durian memiliki daya tarik tersendiri bagi pecinta buah durian karena dapat memetik langsung durian dan menikmatinya langsung.

"Rasanya sangat enak, beda dengan durian yang biasa dijual di tempat lain," ujar Iwan yang datang bersama rekan-rekannya dari Kepolisian Resor Bandung.

Seorang pengelola kebun sekaligus penjual di kebun durian Adrian mengatakan, jenis durian yang dijual saat ini merupakan durian lokal, ada juga beberapa jenis lainnya seperti montong.

Kebun durian Garut dapat ditempuh dengan mudah dari Jalan Raya Bandung-Garut atau Jalan Anwar Musadaddiyah, kemudian memasuki jalan kampung yang dapat dilintasi kendaraan roda empat.

Sepanjang jalan Kampung Kuyamut, pengunjung sudah dapat melihat pemandangan pohon-pohon durian dengan tinggi sekitar 2 meter. Tampak juga beberapa buah durian yang siap dipetik. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Wisata Kuliner Tionghoa, Ayo Cicipi Menu 'Street Food' Petak Sembilan


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH