Surface Duo, Smartphone Layar Lipat Besutan Microsoft Microsoft rilis smartphone layar lipat pertamanya. (Foto: Microsoft)

SALAH satu perusahaan perangkat lunak komputer terbesar dunia, Microsoft, kembali merilis produk terbarunya yang terabung dalam lini Microsoft Surface. Beberapa produk Surface yang dirilis antara lain adalah Surface Pro 7, Surface Earbuds, dan Surface Laptop. Namun, produk yang paling dinanti-nanti adalah smartphone dua layar yang dapat dilipat, yakni Surface Duo.

Tak Mau Kalah, Ini Dia Konsep Ponsel Layar Lipat iPhone X Fold dari Apple
Hands On Surface Duo. (Foto: techspot)

Surface Duo diperkenalkan dalam acara bertajuk Surface Event di New York pada 2 Oktober 2019. Peluncuran perangkat ini dilakukan setelah Microsoft memutuskan untuk keluar dari industri smartphone, setelah kegagalan Windows 10 Mobile.

Baca juga:

Samsung Galaxy Fold Diluncurkan Setelah Note 10

Menariknya, Microsoft bekerjasama dengan Google untuk mengembangkan sistem Android pada Surface Duo. Smartphone ini juga dapat menjalankan aplikasi dari Google Play Store. Android yang disematkan pada Surface Duo ini mirip dengan sistem Windows 10X yang ada pada Surface Neo, laptop dual-screen berukuran mungil yang juga dirilis berbarengan dengan Surface Duo.

Tak Mau Kalah, Ini Dia Konsep Ponsel Layar Lipat iPhone X Fold dari Apple
Surface Neo, laptop dual-screen berukuran mungil yang juga dirilis berbarengan dengan Surface Duo. (Foto: The Verge)

Tampilan layar Surface Duo ini berukuran 5,6 inci dan ketika dibentangkan, luasnya menjadi 8,3 inci seperti tablet. Konsep layar lipat ini hampir sama dengan produk smartphone layar lipat lainnya, seperti Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X. Ketika layar smartphone ini dubuka, para pengguna dapat menggunakan kedua layar tersebut sebagai sebuah panel layar besar.

Tak Mau Kalah, Ini Dia Konsep Ponsel Layar Lipat iPhone X Fold dari Apple
Layar Surface Duo yang bisa dijadikan pengontrol game. (Foto: windowscentral)

Kamu juga bisa menjadi salah satu layarnya sebagai kibor atau pengontrol game, seperti tampilan Nintendo DS. Kamera depan pada ponsel ini juga terhubung dengan engsel 360 derajat yang bisa dipakai dalam beberapa posisi.

Baca juga:

Huawei Mate X akan Jadi Pesaing Berat Samsung Galaxy Fold

Layar 360 derajat ini juga bisa digunakan untuk menelpon dan dipakai secara terpisah. Misalkan, di salah satu layar kamu ingin mengetik dokumen, layar lainnya juga bisa digunakan untuk membuka Youtube.

Dilansir dari laman The Verge, Surface Duo dilengkapi dengan chipset Snapdragon 855 yang bisa diupgrade ke versi yang lebih baik saat dirilis nanti.



Microsoft belum mengungkapkan terlalu banyak terkait produk terbaru ini. Termasuk harganya. Perilisan Surface Duo ini akan diprediksi pada musim liburan 2020 mendatang. (And)

Baca juga:

Tak Mau Kalah, Ini Dia Konsep Ponsel Layar Lipat iPhone X Fold dari Apple



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH