Surat Terbuka Permintaan Maaf Sekaligus Klarifikasi Mengapa Belum Lulus Kuliah Lulus kuliah menjadi tujuan utama kebanyakan mahasiswa yang berjuang untuk masa depannya (foto pexels Stanley Morales)

KEPADA terhormat kedua orang tua, adik-adik, teman-teman, dan pembimbing magang. Saya berharap semua sehat dan penuh berkah selama pandemi. Enggak ada harapan terbaik di saat kondisi sulit pandemi, selain dalam keadaan sehat dan kantong masih menyimpan uang meski recehan.

Baca juga:

Ungkapan Maaf dan Selamat Berlebaran Paling Pasaran di Whatsapp

Saya, kamu, dan kalian, jangan lupa terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat, sebab nanti daripada berhadapan dengan Satgas COVID-19 mending sekalian sama bertemu dengan dosen pembimbing skripsi biar cepat lulus kuliah.

Keadaan saat menunggu hasil tes swab bagi saya sama menegangkannya dengan kondisi perkuliahan sebagai mahasiswa tingkat akhir; sama-sama butuh status. Bila hasil tes swab statusnya biner antara; positif atau negatif, sementara status kuliah saya pun benar-benar biner banget; lulus atau dropout (DO). Enggak ada putar arah atau menyerah di tengah jalan.

Mungkin bagi para pejuang S1 di detik terakhir akan mengerti kondisi serbasulit, ketar-ketir, susah tidur karena enggak ada kasur, susah makan karena lauk enggak ada, dan enggak ada tujuan lain di hidup selain mempersembahkan gelar sarjana.

maaf
Merancang dan Konsultasi mengenai mata kulaih yang akan diambil, supaya lulus tepat waktu (Unsplash Scott Graham)

Perkuliahan memang indah. Apalagi di masa awal. Banyak kenal dengan teman. Dapat pengalaman baru. Ilmu bertambah, teman semakin banyak, cuma percintaan segitu-segitu aja. Nasib!

Nongkrong di masa-masa awal tentu sangat asyik. Teman setongkrongan sama-sama santai karena enggak dikejar banyak tugas. Masih solid barengan sehari-hari karena belum pada pisah tempat magang. Pokoknya, saat itu, nongkrong dan kuliah jadi hal utama, meski lebih banyak porsinya buat nongkrong sih. Meski di tongkrong teman-teman juga saling dukung agar kuliah tepat kala.

Di dalam riwayat perkuliahan saya, bukan perkara nongkrong sehingga saat ini berstatus mahasisa buka lagi mahasiswa, melainkan salah merencanakan mata kuliah dengan baik.

Saya enggak seharusnya memilih secara bersamaan mata kuliah magang dengan mata kuliah seminar proposal di semester tujuh. Memang ada cerita mahasiswa lain bisa selamat atau lulus mulus saat mengambil kedua mata kuliah tersebut bersamaan, namun dengan catatan tebantu tempat magang fleksibel, tidak terlalu ketat, dan dosen pembimbing komunikatif alias selalu ada di segala kondisi.

Maaf
Bekerja keras terlebih dahulu ketika di bangku kuliah untuk medapatkan hasil yang memuaskan di masa depan (Pexels cottonbro)

Sialnya, saya enggak beroleh keistimewaan tersebut. Mungkin bisa dianggap kurang beruntung. Tempat magang saya kala itu sangat ketat secara waktu. Permintaan pengerjaan artikel datang bertubi. Sehari-hari enggak ada tempat tersisa mengerjakan seminar proposal sehingga enggak bisa selesai di semester tersebut.

Ibarat sudah jadi tertimpa tangga. Selain seminar proposal harus mengulang di semester berikutnya, pun magang demikian karena laporannya sudah lewat dua semester ditambah harus terlebih dahulu memperbaiki mata kuliah bernilai D.

Baca juga:

Minta Maaf Laiknya Tom and Jerry Demi Show Off di Depan Orang Tua

Ditambah lagi ada peraturan baru nilai D enggak boleh lebih dari dua kali. Alhasil saya enggak bisa melanjut ke tahap sidang magang. Artinya, magang harus diulang. Saat menulis semacam keluh-kesah ini, saya sedang magang kedua dan semoga berjalan lancar. Amin!

Semester depan, lebih tepatnya semester 11. Jika Allah merestui, saya akan mengambil mata kuliah skripsi karena seminar proposal menjadi persyaratan skripsi sudah lulus. Ah senang dan lega. Meski begitu, saya tetap harus mengambil kembali mata kuliah magang untuk menyelesaikan laporan saja sekaligus sidang magang. Di samping itu, setelah saya hitung-hitung memang enggak cukup secara timeline menyelesaikan magang di semester ini lantaran melihat periode terakhir sidang magang akan tutup.

maaf
Meminta maaf karena belum lulus kuliah. (Pixabay-Nasierjamal)

Jadi semeter depan, intinya saya harus lebih bekerja keras untuk menyelesaikan laporan magang dan membuat skripsi. Semoga ini menjadi keputusan tepat agar lulus di semester tersebut. Jadi sudah tidak lagi ditanya kapan lulus. Namun, tetap akan ditanya kapan kerja? Kapan nikah? Hadeeeh mulai deh mulai.

Teruntuk kedua orang tuaku tercinta dan selalu sabar, teman-teman selalu menghiburku, adik-adik nan selalu nunggu kapan saya kerja buat minta THR, dan pembimbing magang karena sudah direpotin buat nge-bimbing, saya meminta maaf telah ada perbuatan dan tutur kata menyinggung, disengaja maupun tidak disengaja. Saya memang sedang dalam kondisi terjepit untuk segera beroleh kelulusan jadi mohon bimbingan dan bantuan, serta harap dimalklumi bila ada keteledoran, dan jangan segan menegur bila ada salah.

Saya aja sampai-sampai malu dengan laptop karena sering merevisi laporan magang, sampai punya banyak ragam file, di dalam satu folder bernama "SEMOGA LULUS". Saya berjanji bila magang dapat nilai bagus, laporan magang sempurna, dan sidang magang, bahkan sampai skripsi bisa mulus, maka akan baca puisi di atas patung jempol Jalan MH Thamrin, Tangerang. Semoga bisa tercapai. Amin. (*)

Baca juga:

Minta Maaf Laiknya Tom and Jerry Demi Show Off di Depan Orang Tua

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Instagram Akan Hadirkan Fitur Baru yang Ramah dan Aman untuk Remaja
Fun
Instagram Akan Hadirkan Fitur Baru yang Ramah dan Aman untuk Remaja

Media sosial Instagram dikabarkan akan mengenalkan sebuah kebijakan baru.

Cara Mudah Enyahkan Overthinking
Hiburan & Gaya Hidup
Cara Mudah Enyahkan Overthinking

Overthinking merupakan sebuah kebiasaan yang kurang baik.

Memperingati Jumat Agung, 5 Film ini Jadi Saksi Kehidupan Yesus
ShowBiz
Twitter Siap Hadirkan Reaksi Tweet Emoji Mirip Facebook
Fun
Twitter Siap Hadirkan Reaksi Tweet Emoji Mirip Facebook

Merespon tweet bisa dengan memberikan emoji.

Dessert Buah Mangga nan Segar
Kuliner
Dessert Buah Mangga nan Segar

Buah mangga lagi musim nih.

Nike Menggugat 'Sepatu Setan' Lil Nas X yang Mengandung Darah Manusia
Fun
Nike Menggugat 'Sepatu Setan' Lil Nas X yang Mengandung Darah Manusia

Nike menggugat karena terjadinya pencorangan nama baik.

Laki-laki juga Butuh Skincare, Bukan Dominasi Perempuan
Fun
Laki-laki juga Butuh Skincare, Bukan Dominasi Perempuan

Merawat diri itu tidak hanya untuk perempuan, tapi laki-laki pun membutuhkannya

Ajarkan Anak Mandiri, Mulai dengan Hal Sederhana
Fun
Ajarkan Anak Mandiri, Mulai dengan Hal Sederhana

Tak perlu mendidik anak dengan cara sulit.

Emak-Emak Sein Kanan Belok ke Kiri Hanya di Negeri Aing
Fun
Emak-Emak Sein Kanan Belok ke Kiri Hanya di Negeri Aing

Fenomena yang bikin aing bingung mau belok ke mana.

‘Daging Palsu’ Dijual di London, Inggris
Fun
‘Daging Palsu’ Dijual di London, Inggris

Daging palsu yang terbuat dari sayur dan tepung serta kacang.