Kesehatan

Suplemen Vitamin Bukan Jawaban yang Tepat

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 01 Februari 2018
Suplemen Vitamin Bukan Jawaban yang Tepat
Vitamin suplemen. (Foto: NutraIngredient-USA)

SUPLEMEN vitamin kerap dikonsumsi oleh orang. Kesehatan adalah alasan yang sering dikemukakan. Namun sebaik-baiknya suplemen vitamin, masih lebih baik vitamin alami.

Suplemen vitamin dibutuhkan untuk membantu menambah jumlah vitamin yang diperlukan tubuh. Seperti ibu hamil atau pasien-pasien yang tengah dalam masa kesembuhan. Hal ini juga berlaku bagi atlet-atlet yang menjalani latihan berat.

Namun menjadi tidak baik bila suplemen vitamin dikonsumsi terus-menerus sehingga dosisnya berlebih. Ada kecenderungan malah membuat gangguan kesehatan.

jeruk
(Foto: mensfitness)

Seperti yang termuat dalam laman lifehack, penelitian yang dilakukan oleh Iowa Women’s Health Study, menyebutkan bahwa konsumsi vitamin yang berlebihan menunjuk pada risiko kematian.

Lembaga itu meneliti 38 ribu wanita yang mengonsumsi suplemen vitamin yang menunjukan angka 2,4% berisiko kematian. Angkanya memang kecil namun patut diwaspadai.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Alpha-Tocopherol, Beta-Carotene Cancer Prevention (ATBC) antara tahun 1985-1993 pada suplemen vitamin. Badan kerja sama U.S. National Cancer Institute (NCI) dan the National Institute for Health and Welfare of Finland untuk mencegah kanker paru dan kanker lainnya.

Lembaga itu memberikan satu pil suplemen vitamin setiap hari pada 20-an ribu pria perokok di Finlandia. Mereka menemukan adanya relasi sakit itu dengan konsumsi suplemen vitamin dalam jangka panjang.

Dr. Paul Offit asal Amerika Serikat, menyebutkan bahwa mengonsumsi vitamin lima hingga sepuluh kali lipat dapat dianggap over dosis. Ini akan menimbulkan risiko serangan jantung dan kanker.

Cara terbaik untuk tetap menjaga tubuh tetap bugar dan sehat adalah menjaga asupan makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Perhatikan jumlah kalori dan lemak yang dibutuhkan untuk beraktivitas.

Lemak masih dibutuhkan oleh tubuh, jangan dihilangkan dalam jumlah besar. Tubuh memerlukan lemak untuk merawat jaringan juga membawa serta membawa vitamin dan antioksidan pada tubuh. Jangan lupa sayur dan buah untuk melengkapi keragaman vitamin. (psr)

#Suplemen Vitamin
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan