Kesehatan

Suplemen Tepat untuk Mengatasi Kulit Kering

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 04 April 2023
Suplemen Tepat untuk Mengatasi Kulit Kering
Kulit kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor. (Foto: Unsplash/Alexander Grey)

KULIT kering dapat diatasi dengan suplemen yang tepat. Kulit kering dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain dehidrasi, penuaan, perubahan musim, alergi, dan defisiensi mikronutrien. Metode perawatan untuk kulit kering juga berbeda-beda, tergantung pada penyebab kulit kering. Obat salep dan pelembab dapat digunakan untuk meningkatkan hidrasi kulit.

“Selain itu, modifikasi gaya hidup dapat memperbaiki kekeringan kulit, seperti minum lebih banyak air dan mengonsumsi suplemen tertentu,” tulis laman Healthline.

Baca Juga:

Mengenal Jerawat Hormon Pada Pria

Nah ada beberapa suplemen dan vitamin yang direkomendasikan untuk mengatasi kulit kering, antara lain:

1. Vitamin D

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak dan sangat penting untuk banyak aspek kesehatan termasuk kesehatan kulit. Vitamin D memainkan peran integral dalam fungsi sawar kulit dan pertumbuhan sel kulit serta menjaga sistem kekebalan kulit yang berperan sebagai garis pertahanan pertama melawan patogen berbahaya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kadar vitamin D yang rendah berhubungan dengan kondisi kulit, termasuk eksim dan psoriasis yang dapat menyebabkan kulit kering. Ada korelasi antara vitamin D dan kelembapan kulit. Sebuah studi pada 83 perempuan menemukan mereka yang memiliki kadar vitamin D rendah memiliki kelembapan kulit rata-rata lebih rendah daripada peserta yang memiliki kadar vitamin D normal.

Vitamin D sangat penting dalam banyak aspek kesehatan termasuk kesehatan kulit. (Foto: Unsplash/Michele Blackwell)

2. Kolagen

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen berbasis kolagen memiliki berbagai manfaat untuk kulit kamu termasuk mengurangi kerutan dan meningkatkan hidrasi kulit. Sebuah studi pada 69 perempuan menemukan peserta yang mengonsumsi 2,5-5 gram kolagen perhari selama 8 minggu mengalami peningkatan elastisitas kulit yang signifikan. Mereka juga mengalami peningkatan hidrasi kulit dibanding dengan kelompok plasebo.

Baca Juga:

Teknologi Menganalisis Jerawat dengan 3 Langkah

3. Vitamin C

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan pelindung kulit yang kuat dan sangat penting untuk produksi kolagen karena menjadi nutrisi penting untuk kesehatan kulit. Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan vitamin C melalui suplemen dapat meningkatkan banyak faktor kesehatan kulit, termasuk hidrasi kulit.

Studi lain pada 152 perempuan menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi suplemen mengandung 54 mg vitamin C serta Seng dan protein laut, secara signifikan mengurangi kekusaman kulit dibandingkan dengan kelompok plasebo.

Vitamin C bertindak sebagai antioksidan pelindung kulit yang kuat. (Foto: Unsplash/Diana Polekhina)

4. Minyak Ikan

Minyak ikan terkenal dengan khasiatnya untuk meningkatkan kesehatan kulit. Suplemen ini mengandung asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) yang memiliki sifat anti-inflamasi dan penyembuhan yang kuat. Minyak ikan telah terbukti bermanfaat bagi kulit dalam banyak cara. Suplemen minyak ikan dapat membantu hidrasi kulit dan meningkatkan penghalang asam lemak pada kulit yang membantu menjaga hidrasi. (vca)

Baca Juga:

Hentikan deh, Kebiasaan Sehari-Hari yang Sebabkan Jerawat

#Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan