Super Junior dan Leslie Grace Berkolaborasi, Dua Budaya Menyatu dalam 1 Klip Musik Super Junior berkolaborasi dengan Leslie Grace. (Foto: Instagram/@superjunior)

SEPANJANG 2017, musik K-Pop dan Latin memiliki sejumlah hits yang bagus dan terus berlanjut hingga tahun ini. Hal tersebut mendorong grup idol asal Korea Selatan, Super Junior untuk memproduksi sebuah lagu berbahasa Korea dengan sentuhan Latin.

Lagu berjudul ‘Lo Siento’ pun lahir dari hasil perpaduan musik K-Pop dan Latin. Musik yang belum pernah diusung grup band Korea Selatan. Tidak ketinggalan, mereka juga menggandeng penyanyi latin Leslie Grace.

Aku sangat senang bisa bekerja sama dengan mereka. Mereka memperlakukanku dengan sangat baik,” ujar Leslie seperti dikutip Billboard.

Ia sangat bersemangat dengan proyek tersebut karena ini merupakan pengalaman yang benar-benar baru baginya. Menurutnya, proyek semacam ini membuat kariernya berkembang dengan baik.

Multi-bahasa

Lirik untuk single kolaborasi Super Junior dan Leslie tersebut menggunakan beragam bahasa. Korea, Inggris dan Spanyol. Musik ini bukan hanya menjadi yang pertama bagi para penggemar tapi juga pengalaman baru bagi artis yang terlibat. Menggunakan bahasa asing dalam lagu, baik Leslie maupun Super Junior mengaku saling belajar satu sama lain.

Para personel Super Junior mengajarkan beberapa frasa dalam Bahasa Korea. Ketua Super Junior, Leeteuk, mengatakan kalau para personel mengajarkan Leslie ungkapan cinta dalam Bahasa Korea. “Kami mengajarinya ungkapan Bahasa Korea seperti ungkapan kekaguman kami padanya,” tutur Leeteuk.

Sebaliknya, Leslie mengajari kalimat-kalimat sederhana dalam Bahasa Spanyol Dominica. Salah satu member Super Junior, Lee Donghae, mengaku sempat mengalami kesulitan saat harus menyanyikan lirik berbahasa Spanyol. “Kedengarannya hanya sepuluh kata, tetapi aku benar-benar kesulitan saat harus melafalkannya. Bahasa Spanyol berbeda dari bahasa yang pernah kupelajari seperti Mandarin, Inggris atau Jepang,” ungkap pemuda kelahiran 15 Oktober 1986 tersebut. Walaupun sempat kesulitan, Donghae mengaku senang dengan pengalaman pertama tersebut.

Proyek kolaborasi ini ibarat pertukaran kebudayaan antara kedua negara. Tak hanya belajar bahasa yang berbeda, keduanya juga memperkenalkan sejumlah kebudayaan yang tidak ada di negaranya. Di negara-negara Amerika Latin, masyarakat kesulitan melihat salju. Untuk itu, personel Super Junior memasukkan unsur tersebut dalam klip musik ‘Lo Siento’.

Kami memasukkan unsur salju supaya fans Amerika Latin bisa menikmati karakteristik salju di Korea,” ucap Leeteuk.

Latar, instrumen, tarian hingga kostum yang dikenakan pada klip musik tersebut kental dengan nuansa Latin. Kolaborasi kedua musisi tersebut mendapat sambutan dari para penggemar. Video mereka telah ditonton sebanyak 7,5 juta penonton YouTube sejak dirilis Kamis (12/4) lalu. (Avia)

Baca juga berita hiburan terbaru lain di sini.

Kredit : iftinavia


Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH