Supaya Rambut Tetap Indah Saat Liburan Setelah bermain di pantai ada hal-hal yang harus diperhatikan. (Foto: Pexels/Riccardo Bresciani)

LIBURAN bisa menyisakan beberapa masalah bagi tubuh kita. Beberapa masalah yang biasa timbul sepulang dari melancong misalnya kulit terbakar sinar matahari atau rambut rusak. Kulit yang terbakar akan pulih dalam beberapa waktu sedangkan rambut yang rusak sulit kembali normal dalam waktu singkat. Berbagai hal bisa menyebabkan rambut kita rusak saat berlibur seperti terpapar sinar matahari atau terkena air laut. Berikut hal yang harus dilakukan untuk menghindari rambut rusak:

Pakai Topi

pakai topi
Topi menghindarkan terpapar matahari langsung. (Foto: Pexels/Riccardo Bresciani)

Cara paling efektif untuk menghindari sengatan matahari yakni dengan menggunakan topi. Topi dapat melindungi seluruh bagian kepala kita dengan sempurna. Selain untuk melindungi rambut dari sengatan matahari, topi juga bisa dijadikan sebagai aksesoris yang bisa meningkatkan penampilan. Pilihlah topi yang sesuai dengan busana yang akan dikenakan agar terlihat semakin stylish.

SPF Khusus Rambut

rambut cewek
Pakailah SPF rambut untuk menangkal sinar matahari. (Foto: Pexels/bruce mars)

Tak hanya untuk kulit, tabir surya juga ternyata tersedia untuk rambut. Tabir surya khusus rambut berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari sengatan matahari. Efek sengatan matahari di bagian kulit kepala jauh lebih menyiksa daripada sengatan matahari di kulit tubuh. Untuk itu kita perlu memberi perlindungan ekstra untuk kulit kepala. Gunakan tabir surya dengan SPF 15 untuk melindungi kulit kepala.

Ikat Rambut

ikat rambut
Rambut yang diikat meminimalkan terkena air laut. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Ketika main di pantai, rambut kita berpotensi terkena air laut. Kombinasi garam laut dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan rambut kita rusak. Cara ampuh menghindari kerusakan rambut ketika main di pantai adalah dengan mengikat rambut kita secara tinggi.

Bersihkan Rambut dengan Benar

washing
Pastikan air laut menghilang dari rambut. (Foto: Pixabay/SocialButterflyMMG)

Air laut yang membasahi rambut kita dapat menyebabkan kerusakan misalnya rambut bercabang atau kering. Supaya terhindar dari kerusakan, cuci rambut dengan benar. Pastikan tak ada air laut yang tersisa. Gunakan kondisioner untuk mencegah kerusakan.

Lemon

lemon
Lemon dapat menyehatkan rambut. (Foto: Pixabay/pixel2013)

Lemon memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tak hanya bisa digunakan untuk kulit, lemon juga bisa digunakan untuk merawat rambut. Campurkan sari lemon dan air, lalu aplikasikan ke rambut yang rusak. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH