Kesehatan

Supaya Enggak Sakit Pas Tahun Baru, Waspadai Penyakit Menular Ini

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Kamis, 27 Desember 2018
Supaya Enggak Sakit Pas Tahun Baru, Waspadai Penyakit Menular Ini
Penyakit bisa menular melalui kontak langsung maupun tidak (Foto: Pexels/Pixabay)

ENGGAK mau kan baru masuk tahun baru kamu langsung sakit? Jika tiba-tiba kamu sakit, mungkin saja kamu terkena penyakit menular. Tapi tunggu dulu, sebenarnya enggak semua penyakit bisa menular. Penyakit yang berasal dari dalam tubuh enggak akan menular, seperti diabetes, kanker atau rabun dekat.

Yang menular ialah penyakit yang penyebarannya melalui kontak langsung atau enggak langsung. Penyakit jenis ini disebabkan oleh mikroorganisme patogenik semisal bakteri virus, parasit, dan jamur. Demikian menurut laman Go Dok.

Penyakit menular juga bukan hanya disebabkan oleh manusia. Hewan yang hidup di sekitar lingkungan manusia juga bisa menularkan penyakit, yang biasa disebut sebagai penyakit zoonotic. Contohnya penyakit flu burung yang sempat marak beberapa tahun silam. Penularannya melalui binatang jenis unggas.

Setiap negara juga memiliki penyakit menular yang berbeda. Nah, untuk di Indonesia, inilah beberapa penyakit yang dapat menular. Waspadalah!

1. Influenza

Penyakit ini terus bermutasi (Foto: Pexels/Public Domain Pictures)

Penyakit ini paling umum terjadi. Influenza merupakan penyakit yang terus bermutasi. Hal ini membuat kekebalan tubuh manusia kurang bisa mendeteksi penyakit ini dengan baik. Sehingga bisa membuat penyakit yang menular melalui udara dan air ludah ini menyerang kamu dalam rentang waktu yang berdekatan.

#Tuberkulosis #Penyakit Tifus #Pilek #Penyebab Batuk
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan