Sup Ayam Pakai Ginseng? Pulau Jeju Jawabannya

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 30 September 2018
Sup Ayam Pakai Ginseng? Pulau Jeju Jawabannya

KOREA merupakan salah satu negara dengan kuliner terkenal di dunia. Bukan hanya diburu para penggemarnya di dalam negeri, kuliner Korea juga menyebar ke seluruh dunia sebagai makanan khas yang tak ditemukan di tempat lain. Termasuk ke Indonesia.

Kuliner Korea berciri penggunaan bahan-bahan tradisional dan dikemas dengan tampilan menarik. Tak heran makanan Korea selalu mengundang rasa penasaran dan menaikkan nafsu makan.

Nah, salah satu kuliner dari negara berjuluk Negeri Ginseng ini yaitu olahan dengan penambahan ginseng. Ginseng ternyata bukan hanya sebagai tanaman obat. Namanya sup ayam ginseng.

Restoran Haerakwon. (Foto: istyle.id)
Restoran Haerakwon. (Foto: istyle.id)

Kamu bisa menemukan sup ayam dengan ginseng di Pulau Jeju. Seperti dikutip istyle.id, pulau terkenal dengan kuliner rich pork yaitu menu BBQ yang terbuat dari daging babi hutan dan mie pisau daging.

Sup ayam ginseng bisa ditemukan di restoran bernama Haerakwon. Sebuah restoran lama yang berdiri sejak tahun 1970. Di sana banyak terdapat koleksi unik seperti baju hanbok dan pernak-pernik lainnya.

Sup ayam ginseng menjadi menu andalan makanan tradisional Korea. Cara memasaknya pun unik karena menggunakan satu ayam utuh sebagai kaldu. Daging yang diolah untuk sup ini adalah daging ayam muda yang biasanya untuk membuat sup obat tradisional.

Sup ayam ginseng. (Foto: istyle.id)
Sup ayam ginseng. (Foto: istyle.id)

Daging ayam di sup ayam ginseng sangat lunak. Daging ayam dihidangkan dalam bentuk utuh dan saat mulai memotong daging ayam akan terlepas dengan sangat mudah dari tulang karena saking lembutnya. Di dalam ayamnya pun diisi dengan nasi ketan yang rasanya sangat gurih. Sebelum makan, kita harus tambahkan garam dan merica lagi untuk menambah rasa.

Harga makanan di Haerakwon terbilang cukup ekonomis. Harga satu porsinya 13,000 won. Sup ayam ginseng merupakan makanan yang mesti ada dalam daftar wisata kuliner kamu di Korea. Untk informasi, Pulau Jeju merupakan sebuah provinsi berbentuk pulau di selatan Korea Selatan. Pulau ini memiliki akses spesial dibanding dengan Korea daratan sehingga sangat favorit bagi para pelancong. (*)

Baca juga tentang Korea dalam artikel: Cara Cowok Korea Selalu Tampil Keren dengan Motif Garis

#Kuliner Korea
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan