Sunscreen dan Sunblock, Serupa Tapi Tak Sama

P Suryo RP Suryo R - Jumat, 02 Desember 2022
Sunscreen dan Sunblock, Serupa Tapi Tak Sama
Kegiatan outdoor sebagainya memakai tabir surya. (Unsplash/Holly Mandarich)

“LIBUR telah tiba, libur telah tiba. Hore.. horee..”. Penggalan lirik lagu Tasya Kamila selalu bermain di kepala bila liburan tiba. Saatnya menyiapkan wishlist tempat liburan, tiket transportasi, dan penginapan. Namun, ketika pergi berlibur terlebih tempat-tempat terbuka, ada baiknya untuk menyiapkan tabir surya agar kulit kamu tidak rusak.

Dikutip dari Antara, meskipun sama-sama berfungsi untuk menangkal bahaya sinar UV dari pancaran sinar matahari, nyatanya sunblock dan sunscreen adalah produk yang berbeda. Sunscreen jenis pelindung matahari yang lebih umum digunakan untuk menyaring sinar UV matahari. Sementara sunblock menghalangi sinar matahari menembus kulit dengan memantulkan sinar matahari.

Baca Juga:

Bulu Mata dan Eyeliner Magnetik, Apakah Aman?

tabir
Pilihan tabir surya bergantung pada kenyamanan pemakainya. (freepik/racool-studio)


Dr. Kardiana Dewi, Sp.KK, FINSDV, pakar dermatologi menyatakan, ”Kalau sunscreen itu jenisnya tabir surya physical. Artinya saat produk digunakan di kulit, produk itu akan langsung secara otomatis menangkal kandungan UVB dari sinar matahari.”

Meskipun keduanya melindungi kulit dari sinar UV, tapi memiliki cara kerja yang berbeda. Bahan yang terkandung pada sunscreen dan sunblock pun berbeda. Kebanyakan sunblock mengandung titanium atau seng sebagai bahan aktif. Itulah mengapa formula dari sunblock tampak lebih kental.

Bisa jadi kamu sering kesulitan untuk meratakan sunblock ke seluruh tubuh. Penggunaannya direkomendasikan buat kamu yang beraktivitas di luar ruangan pada durasi yang panjang. Tentunya cocok untuk kamu yang ingin berjemur di pantai atau mendaki gunung.

Baca Juga:

Mengenal Lebih Jauh Khasiat Minyak Biji Meadowfoam bagi Kulit

tabir
Yang ingin selalu cantik ber-makeup sebaiknya menggunakan sunscreen. (Pixabay/nguyenhonstudio)

Sementara sunscreen menggunakan berbagai bahan kimia yang bekerja untuk menyerap sinar UV yang berbahaya sebelum menembus kulit. Bahan-bahan tersebut seperti oxybenzone atau avobenzon.

Sunscreen tergolong tabir surya jenis chemical yang memiliki cara kerja mengubah paparan radiasi dari sinar matahari yang terserap bagi kulit menjadi kandungan yang tidak berbahaya. Tekstur dari sunscreen lebih nyaman dipakai dan mudah diratakan pada kulit, terutama untuk kamu yang ingin memakai kosmetik. Sunscreen cocok untuk kamu yang ingin berlibur sambil menyambangi kafe cantik nan lucu.

Bagi orang-orang yang sensitif atau alergi terhadap bahan tertentu dalam sunscreen seperti para-aminobenzoic acid,lebih baik menggunakan sunblock. Selain itu, perhatikan juga tabir surya sesuai dengan jenis kulit kamu. Apabila kamu memiliki kulit berminyak, ada baiknya menggunakan tabir surya seperti gel atau spray. Tapi, apabila kamu memiliki kulit wajah kering, gunakanlah tabir surya krim. (yos)

Baca Juga:

Parfum Padat, Teman Terbaik untuk Melancong

#Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan