PSI Minta Pj Heru Evaluasi Sumur Resapan yang Membahayakan Warga

Mula AkmalMula Akmal - Jumat, 06 Januari 2023
PSI Minta Pj Heru Evaluasi Sumur Resapan yang Membahayakan Warga
Suasana lokasi pengerjaan sumur resapan di Bidara Cina, Jakarta, Selasa (4/1/2022). ANTARA/Yogi Rachman

MerahPutih.com - Keberadaan sumur resapan di Jakarta kini tengah menjadi sorotan, lantaran banyak masalah yang timbul bahkan membahayakan warga imbas dari program andalan Gubernur Anies Baswedan tersebut.

Teranyar, sebuah truk terperosok ke sumur resapan yang berada di ruas Jalan Batu Ceper Raya, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.


Baca Juga:

Sekda DKI Bilang Sumur Resapan tak Signifikan Kendalikan Banjir

Sekretaris Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana meminta Pemprov DKI Jakarta untuk mengevaluasi sumur resapan atau drainase vertikal.

"Sumur resapan fungsinya menangani banjir tapi itupun belum maksimal. Kejadian mobil terperosok ke sumur resapan bukan kali ini saja. Harus dievaluasi sumur resapan yang dibangun asal-asalan dan potensi membahayakan pengguna," ucap William di Jakarta, Jumat (7/1).

Mestinya pembuatan sumur resapan mengedepankan fungsi menyerap air, tentunya dengan kajian menentukan titik mana saja yang potensial untuk dilakukan pembangunan.

Baca Juga:

PSI Tolak Anggaran Pompa Kuras Sumur Resapan Pemprov DKI

Bukan dengan sporadis membangun ratusan sumur dengan titik -titik yang nantinya menjadi sumber bahaya bagi warga sekitar.

"Pemprov DKI di bawah kepemimpinan Pak Heru harus bisa menentukan mana saja sumur yang berfungsi dan yang tidak. Kalau tidak berguna bongkar saja, ketimbang harus jadi sumber bahaya bagi warga," jelasnya.

William juga menyatakan pemprov bisa mengalihkan anggaran sumur resapan yang masih tersedia untuk dialihkan ke progam penanganan banjir lainnya yang lebih tepat sasaran dan berdampak langsung. (Asp)

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA] DKI Jakarta Anggarkan Proyek Rp 80 Juta Per Sumur Resapan

#PSI #DPRD #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan