Sumur Resapan Anies Tetap Berjalan meski Anggarannya Dicoret

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 07 Januari 2022
Sumur Resapan Anies Tetap Berjalan meski Anggarannya Dicoret
Suasana lokasi pengerjaan sumur resapan di Bidara Cina, Jakarta, Selasa (4/1/2022). ANTARA/Yogi Rachman

MerahPutih.com - Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI Jakarta mencoret anggaran pembuatan drainase vertikal atau sumur resapan yang diajukan Pemprov dalam APBD tahun anggaran 2022.

Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Dudi Gardesi mengatakan, program sumur resapan untuk mengatasi banjir Jakarta akan tetap berjalan meski anggota dewan telah mencoret anggarannya.

"Kita mah jalan terus sumur resapan," kata anak buah Gubernur Anies Baswedan ini, saat dihubungi, Jumat (7/1).

Baca Juga:

Tanah Bekas Galian Sumur Resapan Dekat SMP 216 Bikin Resah, Ini Respons Pemkot Jakpus

Dudi menuturkan, pembangunan sumur resapan pada tahun ini akan dilakukan tanpa melibatkan pihak ketiga atau swasta dengan sistem pengadaan tender.

"Dikerjakan secara swakelola. Kalau materialnya kan kita beli secara lelang, pengerjaannya ada beberapa satgas kita, dan kita punya alat-alat sendiri yang bisa kita kerjakan," papar Dudi.

Jika ada pihak ketiga yang mengajukan perizinan pendirian bangunan, ucap dia, Dinas SDA saat ini lebih mengetatkan kewajiban sarana penampung air hujan.

"Setiap ada kegiatan baru, mereka harus ada rekomendasi terkait dengan berapa yang harus mereka tampung terkait air hujan baik swasta maupun perumahan. Dari dulu, peraturan itu sudah ada, sekarang lebih ditekankan lah," tutur Dudi.

Baca Juga:

[HOAKS atau FAKTA]: Mobil Wagub DKI Riza Patria Terperosok di Sumur Resapan

Diketahui, keputusan penghapusan anggaran sumur resapan ditetapkan pada pembahasan terakhir Banggar, dengan sebelumnya diusulkan sebesar Rp 120 miliar.

Penghapusan anggaran sumur resapan tahun ini diputuskan oleh Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi karena mendapat keluhan dari sejumlah anggota dewan.

"Di rapat Banggar, kesepakatan terakhir akhirnya (anggaran sumur resapan) dinolkan. Jadinya, sekarang enggak ada kegiatan lagi (yang didanai APBD) untuk sumur resapan," kata Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Nova Harivan Paloh. (Asp)

Baca Juga:

Fraksi PDIP DPRD DKI Tegaskan Pansus Sumur Resapan Tak Ada Urgensinya

#DPRD DKI Jakarta #Pemprov DKI #Penanggulangan Banjir Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan